KATAKAN dengan KLAKSON

klakson-motorSetelah beberapa hari ini pita suara motorku rusak, akhirnya baru tadi pagi bisa bernyanyi kembali. Ternyata klaksonnya minta diganti. Meskipun tidak semerdu suara sebelumnya tetapi kehadiran klakson baru akan sangat membantu dalam berbicara di jalanan.

Klakson. Mungkin sebagian kita tidak menyadari arti pentingnya klakson. Buat apa sih klakson? Atau kenapa sih harus pake klakson? Bukankah selama ini klakson hanya buat memaki-maki pengguna jalan yang lain? Lihat saja jika terjadi kemacetan, bunyi klakson berkali-kali terdengar. Ada yang pendek-pendek, tak jarang pula panjang-panjang. Yang seolah mewakili teriakan pengemudinya untuk bilang “ Woi minggir dong.. mau lewat nih..” atau “Cepetan dikit kenapa? Keburu telat ini..” dan masih banyak lagi. Belum kalau lagi kesal dengan tingkah pengguna jalan yang lain, klakson lebih bisa mewakili kekesalan daripada teriakan. Ya iyalah di jalanan ngapain juga teriak-teriak. Paling banter disangka lagi stress…

Klakson. Oh klakson. Keberadaanmu selama ini memang luput dari perhatianku. Dan kini aku sadar betapa berartinya dirimu. Ya maaf saja kalau kamu harus ngambek dulu baru aku tahu arti keberadaanmu. Hehehe…

Klakson itu ternyata sangat penting bagi kita sebagai pengguna jalan baik sebagai pengemudi motor atau mobil. Bahkan sepeda onthel juga perlu. Klakson kalau kita telaah mengandung banyak manfaat. Nah karena itu agak aneh juga kalau kita berpendapat atau berazzam untuk tidak menggunakan klakson di jalanan.. Haha jadi inget komitmen dulu sewaktu masih newbie.. Tapi maaf komitmen itu terpaksa kulanggar sendiri. Habisnya klakson sangat menggoda untuk dipencet saat menemui hal-hal yang mengesalkan di jalanan. Hehehehe…

Apa aja sih kegunaan klakson?

  1. Sebagai tanda peringatan bagi pengemudi lain.

Dengan klakson kita bisa memberitahu pengguna jalan lain bahwa kita mau lewat dan meminta dia berhati-hati. Tapi tentu saja kita juga ikut pelan-pelan. Kenapa harus begitu? Soalnya ada pengguna jalan yang terlalu over Pede sehingga beresiko terhadap keselamatan kita sendiri atau dia. Tapi lebih ke keselamatan diri sendiri dulu deh kayaknya.hehehe… Semisal kita pas lagi racing-racing nya alias ngebut, suddenly ada yang mau nyebrang jalan. Nah kita klakson saja biar dia perhatian sama kita…cieeee… Tapi bukan buat cari perhatian lho..ntar ada bagiannya sendiri.. Dengan dia perhatian sama kita harapannya dia gak nyelonong nyebrang dan kita bisa melintas dengan aman.

2.  Sebagai tanda sapaan

Tak jarang kita suatu waktu berapapasan dengan teman atau keluarga di jalan. Atau pula kita mendahului mereka. Bisa jadi karena mereka terlalu lambat sementara kita harus mengejar best lap ke kantor mau tak mau harus menyapa. Dan gak mungkin lah dalam kondisi kecepatan cahaya seperti itu kita mau menyapa. Atau mungkin pas berpapasan jaraknya lumayan jauh. Mau teriak? Pikir-pikir lagi deh. Buang-buang energy. Prosentase sampainya kecil. Nah biar kita gak dianggep sombong kita tetep harus menyapa. Satu-satunya cara yaa dengan meng-klakson. Bisa juga sih pake batu buat nimpuk. Tapi gak praktis. Harus berhenti dulu, ambil kerikil, pastikan koordinat tepat, tenaga pas lalu bidik dan lempar. Ribet khaaan? Belum lagi kalo meleset kena orang lain bisa tambah runyam urusannya. Nah pake klason aja beres. Tiin-Tiin…..

3. Sebagai tanda makian

Seseorang boleh sangat sabar. Pun bisa jadi tidak suka teriak-teriak. Atau mengeluarkan kata-kata kotor. Nah bagi kita yang termasuk tipe ini, klakson sangat membantu untuk memaki pengguna jalan lain. Inget ini hanya berlaku ketika kita sebagai pengguna jalan. Tidak berlaku ketika kita ngobrol di rumah. Masak yaa mau memaki pake klakson. Yang ada malah bingung lawan ngobrol kita. Hehehe…

Memang satu kali dua kali kita tak bisa memendam rasa jengkel kalau di jalanan ada hal yang membuat kita kesal. Kita pasti pengen meluapkannya, kecuali kita bertipe penyabar banget kayak pelaku protagonis di sinetron. Teriak hanya akan membuat ruwet. Iya kalau pengguna jalan lain itu terima. Kalau tidak? Bisa ditonjok kita. Tapi dengan klakson paling banter dia akan membatin “ SOngong amat sih.. ngebut-ngebut mau kemana? Emang jalanan milik embahmu “… Atau kalau dia baik hati akan meng-klakson balik kita. Yang artinya sih “ Terimakasih sudah diingatkan, selamat jalan… “ hehehe..

4. Sebagai mainan anak-anak

Yah kadang sebagai orangtua kita harus sabar jika anak kita mainan klakson. Karena bagi sebagian anak bunyi klakson tak kalah merdunya dengan suara seriosanya Andrea Bocelli. Begitu antusiasnya mungkin jadi sering pencet klakson, baik di rumah ataupun di jalanan. Begitulah anak-anak. Kita dulu juga begitu kaaan?

5.  Sebagai tanda cari perhatian sungguhan

Beda dengan yang nomor satu diatas, klakson yang ini beneran dibunyikan buat mencari perhatian orang lain. Biasanya yang menerapkan fungsi ini adalah ABG-ABG tanggung. Bisa pas acara ‘gak sengaja’ berpapasan dengan pacar, atau memamerkan ke teman-teman lain saat memboncengkan pacar. Atau yang umum dilakukan adalah saat konvoi. Ah kurang kerjaan banget sih.. Tapi itu nyata terjadi kaaan?

Itulah beberapa fungsi klakson. Jadi klakson itu sangat berguna sodara-sodara. Selama ia masih ada yuk kita gunakan dengan bijak. Berlaku sabar di jalanan tetap sebuah akhlak mulia.

One thought on “KATAKAN dengan KLAKSON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s