Gara-Gara Politik Uang

Di sebuah warung kopi bertemulah dua orang sahabat karib. Berhubung baru saja ada pemilihan Lurah baru maka setiap pembicaraan di warung itu tak jauh-jauh dari hal-hal seputar pemilihan Lurah, dari masalah calonnya, masalah perjudian hingga masalah klenik. Tak ketinggalan masalah politik uang.
Paijo : “ Hei Man, pa kabar? “
Paiman : “Kabar baik Jo.. sampeyan begimana?”
Paijo : “ Baik juga Man.. mari ngopi, aku yang traktir. Baru dapat rejeki nih..”
Paiman :” Wah boleh tuh, kebetulan nih.. sering-sering aja..”
Paijo :” Iya lah.. kalo sering ada pilihan Lurah yaa bisa saja sering-sering begini..”
Paiman : “ Maksudnya?”
Paijo : “ Ya kalo sering ada pilihan Lurah kan sering dikasih uang.. paham toh?”
Paiman :” Mmmm… iya paham.. emang dapat berapa dari si calon Lurah kemaren? “
Paijo : “ Dari si A dapat Rp.50.000,- terus dari si B dapat Rp. 70.000,- terakhir dari si C Rp. 100.000,- Lumayan khan dapet Rp.220.000“
Paiman : “ Terus kalo begitu kamu pilih yang mana Jo? “
Paijo :” Pilih yang Rp. 100.000,- dong khan dia yang berani bayar paling tinggi..“
Paiman :” Lho bukannya setiap jago Lurah memberikan uang itu untuk memilihnya? “
Paijo : “ Ya iya.. tapi khan yang paling tinggi cuma si C.. ya aku pilih si C dong… “
Paiman :” Hmmm.. berarti uangmu yang Rp. 120.000,- itu bukan hakmu dong.. “
Paijo : “ Kok bisa gitu? “
Paiman : “Lha khan kamu gak memenuhi kewajibanmu milih si A dan si B..Jadi uangnya juga harus dikembalikan dong… “
Paijo : “ Lha dah terlanjur e… gimana coba? “
Paiman :” Ya udah kamu gak usah traktir aku, gentian aku aja yang traktir kamu.. Kalo uangku dah hakku ini.. “
Paijo : “ Kamu dapat uang darimana? Dari jago Lurah juga toh? “
Paiman :” Hehehe.. iya… “
Paijo : “ Lah sama aja itu… “
Paiman : “ Ya gak sama dong.. Aku kan pemilih baik.. “
Paijo : “ Maksudnya??? “
Paiman : “ Setiap calon Lurah khan datang dan ngasih uang buat milih dia…Dan kita wajib dong memenuhi janji kita buat milih dia “
Paijo : “ Terus ? “
Paiman : “ Karena tiga-tiganya ngasih uang, entah banyak atau sedikit, yaaa sebagai pemilih yang baik aku coblos tiga-tiganya.. “
Paijo : !@#$%^&*()

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s