Go-Blog : Mengapa sih kita nge-Blog?

Suatu waktu dalam beberapa kesempatan saya sering bertanya kepada teman-teman. “Punya blog gak?”  Berharap mereka mau berbagi denganku. Tetapi sayang, rata-rata jawaban yang mereka berikan tak jauh dari kata “ Wah gak punya… gak suka nge-blog..”. Ada juga sih yang mereka tidak nge-blog karena emang gak tau mau nulis apa.

Nge-blog memang bukan suatu kewajiban, pun punya blog tidak menentukan tingkat kesejahteraan pemiliknya. Hehehe… Jadi boleh dibilang orang yang suka ngeblog alias blogger itu orang-orang istimewa. Setidaknya mereka punya materi yang akan disampaiakn dan punya kemampuan menuangkan ide-ide dan uneg-uneg dalam suatu tulisan. Jujur, gak mudah loh menulis itu. Meskipun sekedar menulis. Percaya deh.. Kalo gak punya materi gak bakal bisa nulis. Yang sudah punya materi aja kadang mentok di suatu titik dan tidak bisa menyambungnya. Itu masih mending berhenti di suatu titik, setidaknya sudah selesai kalimatnya, lhaa kalo berhenti di suatu koma kan lebih miris.. Hehehehe… bercanda fren😀

Di sini saya gak akan menjustifikasi atau menilai mereka yang tak punya blog. Terlepas memang banyak penyebab kenapa mereka tidak nge-blog. Ada yang memang tidak suka, ada yang tidak tahu sama sekali apa itu blog, ada yang cuma tidak punya keberanian saja dan lain-lain. Yaa itu adalah pilihan mereka, sebagaimana kita yang nge-blog juga adalah pilihan. Yang mana tidak bisa disalahkan dan dipersoalkan.

Kalo nge-blog adalah pilihan tentunya ada alasan yang mendasari pemilihan keputusan untuk ngeblog ini. Nah di sini saya akan memaparkan sedikit alasan kenapa sih kita (perlu) ngeblog. Siapa tahu setelah baca tulisan ini ada diantara teman-teman yang belum punya blog jadi terinspirasi untuk punya blog.

Alasan pertama, BLOG adalah media yang paling gampang untuk kita menuangkan ide dan bisa dibaca banyak orang (tentu saja yang baca blog kita entah itu karena tahu itu blog kita atau tidak sengaja tersesat di blog kita..hehehe). Bayangkan, kalo kita coba memasukkan ke media-media cetak local aja itu sulitnya minta ampun. Apalagi media cetak nasional. Banyak tahap filtering yang harus dijalani. Kalo di blog, kita bebas mau nulis apa, pake gaya bahasa apa saja (resmi atau enggak terserah kita), mau diapain aja terserah kita. Kita bebas menuangkan ide, selama batas-batas yang ditentukan penyedia layanan tidak dilanggar.

Alasan kedua, terkadang kita banyak punya ide yang ingin di-share dengan orang lain. Sementara kita tidak punya wadah yang bisa menampungnya. Diary, hanya bisa kita baca sendiri. Padahal kita ingin berbagi. Mau di print dan copy terus disebarin ke orang-orang, jelas butuh banyak biaya, belum lagi kalo  yang dikasih sebenarnya gak butuh info kita. Mubadzir khan..Nah daripada ide numpuk di pikiran dan jadi sampah di otak mending dikeluarkan saja dalam bentuk tulisan dan postinglah di blog.

Alasan ketiga, nge-blog membuat pikiran dan wawasan kita aktif. Ketika kita memikirkan membuat tulisan, pastilah kita akan menggali ide, mengumpulkan materi, baca-baca referensi. Walhasil secara tidak langsung jadi terbuka wawasan kita. Kita juga dapat informasi balik yang bermanfaat dari blog atau situs yang kita kunjungi.

Alasan keempat, nge-blog membuat kita bisa berkenalan dengan orang lain, sesama blogger biasanya. Dan banyak fakta yang membuktikan bahwa ada yang dapat pasangan gara-gara blog. Serius. Mereka saling kenal lewat blog, saling mengangumi tulisan, tertarik lalu kopdar, cocok dan nikah. Ada yang seperti itu. Tapi bagi kita setidaknya dapat teman baru yang punya hobi sama, setidaknya hobi nge-blog, adalah sesuatu yang berharga. Kita bisa saling bertukar info, saling memberikan tanggapan dan dari sanalah jalinan silaturahim bisa terbentuk. Syukur bila nantinya bisa berlanjut ke pertemanan di dunia nyata dan membawa manfaat. Saya selalu yakin bahwa ketika kita berteman dengan seseorang pasti akan ada manfaatnya entah dalam bentuk apa.

Alasan kelima, apa yaaa….. mungkin empat itu dulu cukuplah yaa.. Kalo ada yang mau nambahi ya monggo saja. Semoga yang sedikit ini bisa nambah wawasan teman-teman. Mungkin itu dulu tentang mengapa sih kita ngeblog? Sambung lain waktu bila dapat ide lagi. Hehehe…

(18 sept 2013, purnama tanggal 14 dzulqo’dah 1434 H, cahayanya tersaput mendung…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s