Safety Riding


posisi2Sudah beberapa waktu ini kembali menggemari membaca blog-blog tentang roda dua alias sepeda motor. Selain untuk mendapatkan informasi terbaru seputar sepeda motor juga untuk menambah khazanah ilmu karena ternyata banyak sekali informasi yang saya dapat dari membaca blog tersebut. Juga untuk menambah pengetahuan dalam mengelola blog apalagi blog-blog yang pengunjungnya sampai puluhan juta. Wuiiiiihhhhh… kereeeeen.. Pengen deh seperti itu, tapi mungkin belum saatnya bisa nembus segitu. Sekalinya punya yang nembus masih hitungan sepuluh ribu aja sudah lupa user dan passwordnya.. Yaaaaah.. pasrah aja deh.. Toh tujuan nge-blog gak hanya untuk banyak-banyakan pengunjung. –menghibur diri sendiri.. hehehehe

Oke kita lanjut. Diantara informasi yang saya peroleh adalah mengenai safety riding. Baru ngeh juga sih pas di jalan tadi. Ternyata sodara-sodara inspirasiku lebih banyak yang didapat di jalanan.Hehehehe.. Safety riding begitu terngiang-ngiang, sampai-sampai pengen berbagi di blog ini. Ya gak papa kan ya..

Di jaman yang canggih ini yang disertai perkembangan teknologi yang pesat, cieeeeee…, termasuk juga perkembangan sepeda motor yang mana sekarang sepeda motor lebih mengedepankan kecepatan. Lihat saja iklan-iklan sepeda motor di tivi, pasti lebih banyak yang menggambarkan adu kecepatan. Dan hal ini pula yang terjadi di masyarakat. Kebut-kebutan sudah menjadi tontonan sehari-hari. Apalagi para ABG ababil itu. Seakan kalau sudah paling kencang sudah paling jago. Kalau nyungsep nah tuh baru tahu rasa.. Keselamatan jadi taruhan. Boro-boro keselamatan orang lain, keselamatan diri sendiri aja diabaikan. Lihat saja yang masih ABG kalau naik motor mana sudah gak pakai helm, ngebut lagi. Belum kalau zig-zag. Membahayakan orang lain. Sangat jauh dari yang namanya safety riding.

Safety riding adalah gaya berkendara yang aman dan nyaman. Itu kuncinya. Aman untuk diri sendiri dan orang lain, juga nyaman bagi semua. Safety riding mencakup dua hal. Yaitu safety dari sisi penampilan atau pakaian dan safety dari sisi gaya berkendara.  Dari sisi pakaian harus aman. Pakai helm, sarung tangan, pelindung dada, pelindung lulut, jaket dan sepatu. Tapi juga disesuaikan dengan kebutuhan juga. Tapi setidaknya yang wajib dipenuhi adalah helm, jaket dan sepatu atau alas kaki. Kalau harus lengkap-kap-kap yaa bagus sih tapi kalau belum punya mau gimana lagi. Hehehe…

Lalu dari gaya berkendara juga harus aman dan nyaman. Tidak perlu kebut-kebutan. Toh hanya memangkas beberapa menit saja, tetapi sudah mempertaruhkan keselamatan diri sendiri juga orang lain. Santai saja, makanya perlu estimasi waktu yang pas jika itu perjalanan rutin. Dengan berkendara yang aman dan nyaman berapa menit waktu yang dibutuhkan. Lalu harus disiplin waktu. Jangan molor yang akhirnya jadi tergesa-gesa. Berkendara juga harus memperhatikan seituasi dan kondisi. Kalau jalanan lumayan sepi dan memungkinkan untuk bisa kencang yaaa monggo saja. Tapi kalau jalanan padat sebaiknya piker-pikir dahulu. Jangan membahayakan diri sendiri dan terutama orang lain. Hormati hak pengendara lain yang juga pengen aman dan nyaman alias selamat.

Kendaraan juga sebaiknya yang standar. Tidak modifikasi asal-asalan. Khan biar gaul??? Tunggu dulu, setau saya dari membaca blog-blog para rider senior mereka justru menyarankan untuk tidak memodifikasi motor yang kelewat dari standar keamanan. Misal ban diganti yang kecil, posisi ban belakang dimajukan, spion diganti yang super kecil sehingga malah tidak fungsi. Motor dibuat rendah, hampir-hampir menyentuh tanah. Nah kalau sudah kayak begitu masak dibilang motor gaul sih??? Okelah tetep keukeuh dibilang gaul, tapi kalau mereduksi keselamatan apakah  itu sebuah langkah yang tepat??? Kita sebagai pengendara selayaknya jadi pengendara yang dewasa. Apa tuh pengendara yang dewasa? Yaitu pengendara yang tahu dan paham resiko dari berkendara sehingga tahu dan sadar harus menyesuaikan dengan gaya berkendara yang aman. Dan menjadi pengendara yang dewasa juga tidak terkait usia lho.. Seperti kata orang kedewasaan tidak ditentukan oleh usia. Ecieeeee….

Yuk mari kita terapkan safety riding dalam keseharian kita. Selain demi keselamatan diri kita dan keluarga juga keselamatan di jalan raya. Ingat keluarga menunggu di rumah.

Hati-2 Keluarga Anda Menunggu Dy Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s