Tips Berkendara di Musim Penghujan

hujan 2Hujan telah tiba… Hujan telah tiba… Hore…Hore…Hore.. Musim penghujan telah datang. Hari-hari yang tadinya dikuasai oleh hangatnya mentari, kini harus berbagi dengan hujan. Musim penghujan mau tidak mau menuntut kita untuk menyesuaikan diri. Termasuk dalam hal berkendara, terutama kendaraan roda dua  agar tetap aman dan nyaman berkendara dalam kondisi hujan. Di sini saya akan berbagi sedikit mengenai tips berkendara di musim penghujan, khususnya ketika hujan datang.

  1. Sedia Jas hujan atau mantol. Sebagaimana pepatah mengatakan ‘sedia payung sebelum hujan’ maka sebelum kita berkendara pun kita harus sedia pakaian peminimalis efek hujan yaitu jas hujan atau mantol. Tujuannya agar kita tidak basah kuyup ketika melintasi jalanan di tengah guyuran hujan.
  2. Persiapkan plastik kresek atau tas anti air untuk tempat  sepatu.
  3. Bawa sandal untuk antisipasi bila sampai harus copot sepatu, kecuali kalau mau bertelanjang kaki alias nyeker.
  4. Ketika hujan mulai merintik maka waktunya kita untuk memakai jas hujan atau mantol. Jangan memakai mantol ketika sudah hujan lebat. Khan butuh waktu untuk memakainya, jangan sampai sudah basah sebelum mantol dipakai. Bila hujan di depan terlihat lebat maka lepas sepatu, masukkan kantong plastik dan masukkan k etas atau bagasi motor.
  5. Selama hujan berlangsung, pastikan berkendara dengan hati-hati. Tidak perlu ngebut, karena jalanan menjadi licin. Nikmati saja suasana berkendara di bawah guyuran hujan.
  6. Ketika hujan mereda tidak perlu segera melepas jas hujan atau mantol. Karena bisa jadi jalanan di depan masih berpotensi hujan lagi. Jadi kita tidak perlu kerepotan melepas dan memakai jas hujan lagi.
  7. Selain itu, dengan tidak segera melepas jas hujan ada tujuan lainnya. Yaitu biar sisa-sisa air hujan di jas hujan kita berkurang. Kalau saya sih syukur bisa sampai benar-benar kering. Dan biasanya sih kalau jarak dekat, melepas jas hujan kalau sudah sampai rumah. Mungkin agak aneh juga bermantol ria padahal sudah tidak hujan. Tetapi tidak masalah karena kita punya motif mengeringkan jas hujan kita.
  8. Setelah sampai tujuan lepas dan bentangkan jas hujan di tempat yang teduh agar sedikit kering.
  9. Atau kalau sudah sampai rumah langsung mandi air hangat, agar tubuh benar-benar bersih dari air hujan dan badan juga menjadi hangat. Syukur ada teh hangat dan camilan yang hangat pula.Hmmm… nikmat pastinya..😀

Demikian sedikit tips berkendara dalam keadaan hujan. Prinsipnya adalah JANGAN MALU MEMAKAI JAS HUJAN, DARIPADA SAKIT GARA-GARA KEHUJANAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s