Tips Mempertimbangkan Pembelian Sepeda Motor

suprax 125Sepeda motor dewasa ini sudah bukan merupakan barang mewah. Artinya hampir setiap rumah mempunyai sepeda motor, bahkan tidak hanya satu unit. Berbagai jenis sepeda motor yang ada seakan menjawab kebutuhan yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain. Mulai dari bebek, bebek sport, sport, motor gede (moge) semuanya ada. Juga dari yang fully manual, setengah manual dan matic. Dari segi teknologi ada yang menggunakan karburator maupun yang injeksi. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Memilih sepeda motor bagi sebagian orang bukan perkara yang mudah. Banyak pertimbangan di sana – sini hingga akhirnya memutuskan untuk membeli sepeda motor. Biasanya yang menjadi pertimbangan adalah kebutuhan untuk apa, merek sepeda motor, harga  dan warna. Nah kali ini kita akan sedikit membahas tips mempertimbangkan pembelian sepeda motor. Apa saja sih yang perlu kita pertimbangkan?

Yang pertama adalah menentukan kebutuhan kita. Hal ini nantinya akan terkait dengan model motor seperti apa yang cocok dengan kebutuhan kita. Apakah bebek, matic atau sport. Sport di sini yang dimaksud adalah motor laki atau motor lanang. Jika kita akan membeli motor  dimana motor ini akan menjadi satu-satunya motor di keluarga kita sebaiknya kita memilih yang bebek atau matic. Harapannya agar semua anggota keluarga bisa menggunakan. Karena kalau motor sport biasanya ibu-ibu atau kaum wanita agak kesulitan.  Apalagi kalau harus mengangkut barang bawaan, akan kerepotan. Untuk motor keluarga memang lebih cocok motor bebek atau matic. Tetapi kalau itu motor kedua atau selanjutnya tidak mengapa kita membeli yang sport. Apalagi untuk laki-laki memang lebih cocok motor sport.

Pertimbangan selanjutnya setelah menentukan model sepeda motor adalah menentukan merek mana yang akan dibeli atau dari pabrikan mana yang akan dibeli. Di Indonesia merek yang terkenal adalah Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Ditambah ada Pulsar, TVS, KTM dan lain-lain. Setiap pabrikan mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Kita perlu mencari info yang lengkap mengenai keunggulan motor dari tiap pabrikan. Untuk kisaran harga sejauh pengamatan saya tidak terlalu jauh selisihnya antar pabrikan. Tapi biasanya ada tipe orang yang setia dengan satu merek sepeda motor. Dari dulu sampai sekarang kalau membeli pasti cuma satu merek itu. Atau kalau punya beberapa motor juga ternyata hanya satu merek saja. Ya itu tidak masalah, khan selera masing-masing.. Sebagai tambahan informasi menurut suara akar rumput, motor Honda lebih unggul dalam hal irit bahan bakar dan purna jual yang lumayan lebih tinggi dibanding merek lain. Tetapi dari segi tampilan yang futuristik biasanya Yamaha lebih unggul. Kalau mau yang beda dan tidak banyak beredar di jalanan adalah produk Suzuki dan Kawasaki. Sehingga terkesan lebih privasi. Hehehe…

Kemudian setelah itu kita mempertimbangkan juga harganya. Tentu saja ini berkaitan dengan kemampuan kita. Jangan sampai harga motor yang kita inginkan jauh melebihi kemampuan kita. Memang sih dealer sekarang pintar melihat peluang pasar. Menjawab setiap keinginan orang yang paling miskin sekalipun untuk memiliki motor. Lihat saja dengan DP Rp.500.000,- saja bisa bawa pulang motor. Tapi tentu saja dengan DP yang kecil, angsuran akan sangat besar. Nah untuk itu kita perlu mempertimbangkan hal ini. Apakah harga motor yang kita inginkan akan membuat keuangan kita terengah-engah atau tidak. Gak kerenlah naik motor bagus tapi utangnya besar sampai-sampai makan saja berhutang. Untuk itu kita juag perlu dewasa menyikapi. Toh intinya adalah keberadaan motor. Jika memang keuangan saat ini belum memungkinkan untuk membawa pulang motor yang diinginkan, ya kita memilih alternatif lain yang harganya lebih terjangkau. Yang aman untuk keuangan keluarga. Jika suatu saat ada rejeki cukup barulah kita beli sesuai yang diinginkan.

Pertimbangan selanjutnya yang juga tak kalah bikin agak lama bikin keputusan adalah soal warna. Memang benar motor sekarang berwarna-warni macam pelangi. Ada yang merah, hijau, biru, kuning, hitam, putih , silver dan masih ada lagi. Tiap warna dibuat berdasarkan kesenangan masyarakat terhadap warna. Tapi biasanya warna-warna yang disukai adalah hitam , merah-hitam, biru, biru-hitam, merah. Ini terkait juga dengan purna jual. Menurut informasi makelar yang pernah saya kenal, memang warna memegang peranan yang tak kalah penting dalam menentukan laku-tidaknya sebuah sepeda motor. So pertimbangkan dengan baik. Kalau motor ada rencana dijual dan kita masih ingin harganya lumayan ya pilih warna yang favorit, hitam, merah, merah-hitam, biru, biru hitam. Kalau mau yang limited edition ya pilih yang warnanya tidak favorit. Terkesan lebih customized untuk diri sendiri.

Itulah beberapa pertimbangan dalam membeli sepeda motor. Tentu saja ada pertimbangan lain. Dan itu terserah kita. Yang pasti dalam membeli sepeda motor sesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan  jangan sampai keberadaan sepeda motor itu harus ditebus dengan ‘penderitaan’ bertahun-tahun.

rc93_slideshow_169

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s