Barakallah

barakallah-700x700Barakallah. Semoga Allah memberkahi. Suatu ucapan yang selalu saya suka, entah itu diucapkan oleh siapapun dan kapanpun. Dan tak jarang ketika dimintai doa maka saya tak perlu repot-repot mau mendoakan bagaimana. Ucapkan saja BARAKALLAH.

Ada apa sih dibalik ucapan Barakallah? Barakallah ada suatu doa secara umum. Memang di masyarakat ucapan barakallah ini akan lebih dipahami sebagai ucapan doa ketika ada seseorang yang menikah. Jadi jangan heran ketika nanti kita mendoakan seseornag dengan ucapan Barakallah, mungkin ada yang bilang “loh siapa yang nikah?”

Barakallah yang berarti semoga Allah memberkahi, merupakan sebuah doa agar senantiasa dilimpahkan keberkahan dalam hidupnya. Karena hanya keberkahan hiduplah yang mendatangkan kebahagiaan. Bukan harta, bukan jabatan, bukan kekayaan lainnya. Semua itu tanpa ada keberkahan maka tidak akan membawa kebahagiaan. Harta yang tidak berkah hanya akan cepat habis, Jabatan yang tidak berkah akan mengundang tidak korupsi dan kesewenang-wenangan, kekayaan lain yang tidak berkah hanya menambah kesombongan dan bakhil.

Barakallah, sebuah doa yang sejatinya luwes dan fleksibel diucapkan dalam situasi apapun. Karena keberkahan tidak hanya diharapkan ketika sedang berbahagia, tetapi dalam setiap sesi kehidupan manusia semoga senantiasa berlimpah berkah.

Untuk itu mari kita seringkan mendoakan orang lain dengan ucapan barakallah. Tidak usah sungkan atau malu, toh yang kita ucapkan adalah doa kebaikan. Tidak hanya ketika ada teman yang menikah atau merayakan milad. Tetapi juga saat orangtua mengiringi ciuman sayang kepada anak ucapkan barakallah. Saat suami hendak pergi bekerja ucapkan barakallah sambil mencium tangannya. Saat ada anggota keluarga yang hendak bepergian ucapkan barakallah. Setiap saat, setiap waktu semoga hidup kita senantiasa berlimpah keberkahan. Aamiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s