Aneka Macam Ramuan Untuk Mengatasi Panas, Pilek Dan Batuk Anak

Artikel ini saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dari Kolowarti Mardiko Boso Jowo Djoko Lodhang. Kebetulan baru tidak punya ide menulis kok ndilalah dapat materi secuil ini. Yaitu ramuan herbal untuk mengatasi panas, pilek dan batuk pada anak-anak. Semoga bermanfaat.

bawang merah kunyit

Bawang merah ( 3 siung ) diparut kemudian ditambah minyak telon secukupnya lalu dibalurkan pada punggung sampai rata sambil diurut. Juga dibalurkan pada pusar dan ubun-ubun.

Sementara untuk ramuan yang diminumkan : air kelapa satu cangkir ditambah 1 sdt madu. Dicampur kemudian dikukus. Setelah dingin diminumkan sebanyak 3 sdt setiap 2 jam sekali. Ramuan ini untuk bayi usia 8 bulan ke atas. Sementara untuk bayi dibawah 8 bulan sebaiknya diberikan ASI saja. Kalaupun mau memakai ramuan ini, ibunya yang minum.

Untuk anak-anak yang lebih besar, bisa menggunakan resep air kunyit dan madu. Ukuran 1 jari kunyit dibersihkan dan dibakar. Kulitnya dibersihkan lalu diparut. Kemudian dicampur air matang ½ cangkir. Kemudian diperas dan diendapkan. Air endapan ini nantinya dicampur dengan kuning telur ayam kampung (hanya kuning telurnya saja) ditambah 1 sdm madu. Ramuan ini kemudian diminumkan. Ramuan ini, insya Allah, bisa mengatasi panas ketika sakit cacar, flu, batuk dan sebagainya.

catatan
sdt = sendok teh
sdm = sendok makan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s