BERBAGAI CARA MENDAPATKAN JODOH

Jodoh. Apa sih yang dimaksud jodoh? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, jodoh itu:

n 1 orang yg cocok menjadi suami atau istri; pasangan hidup; imbangan: 2 sesuatu yg cocok sehingga menjadi sepasang; pasangan: 3 cocok; tepat:

Berdasarkan arti tersebut mari kita fokuskan untuk memahami dengan 1 orang yg cocok menjadi suami atau istri; pasangan hidup; imbangan. Memang dalam banyak kesempatan ketika kita bicara tentang jodoh ya akan mengerucut kepada makna pasangan hidup.

Dari dulu jodoh memang sebuah hal yang misterius sampai kita menemukannya dan meresmikannya dalam sebuah akad nikah. Sebelum masa itu tiba kita belum tahu apakah jodoh atau bukan. Yang ada adalah seseorang yang diharapkan menjadi jodoh kita. Lantas apakah setelah akad nikah bisa disebut jodoh? Kita lihat makna kedua dan ketiga yaitu2 sesuatu yg cocok sehingga menjadi sepasang; pasangan: 3 cocok; tepat: Nah dari situ kita lihat apakah nantinya ada kecocokan atau tidak. Jika ada kecocokan yang berakibat langgengnya ikatan pernikahan berarti memang jodoh. Tetapi jika ternyata banyak ketidakcocokkan yang berakibat perceraian berarti memang tidak jodoh.

Mari kita bicara tentang mencari jodoh. Mencari jodoh itu bisa dikatakan gampang-gampang susah atau susah-susah gampang. Banyak orang yang katanya mencari-cari sejak lama namun tiada ketemu juga. Ada pula yang sekali ketemu eee… langsung cocok.

Jodoh memang misteri. Mungkin kita gak menyangka hadirnya lewat mana atau mungkin dari langit mana ia turun.hehe. Yang pasti dia tidak hadir tanpa sebab dan tanpa perantara. Nah berbagai macam cara atau perantara yang bisa menyampaikan kepada jodoh kita.

Dari TEMAN

Tak salah jika dalam sebuah hadits disebutkan bahwa silaturahim dapat mendekatkan rejeki dan memperpanjang umur. Termasuk rejeki adalah jodoh. Untuk itu perbanyak silaturahim dengan teman, cari banyak teman, buat koneksi baru setiap hari, jaga persahabatn yang sudah terjalin. Siapa tahu dari salah satu sekian teman ada yang berniat baik atau melihat kebaikan kita sehingga mau menjodohkan dengan temannya atau bahkan saudaranya.

Dari KELUARGA

Biasanya kalo disebut dari keluarga pasti banyak yang bilang ‘bukan jamannya siti nurhaliza eh siti nurbaya’. Apa sih yang salah dengan perjodohan? Kebanyakan kita menganggap perjodohan adalah hal yang buruk karena terkesan ada pemaksaan dari pihak keluarga. Tapi jangan keburu menolak jika akan dijodohkan. Lihat dulu siapa tahu orang yang dijodohkan itu lebih baik dari yang pernah kita temui atau mungkin pernah kita harapkan. Kalaupun tidak berkenan juga yakinlah orangtua sekarang sudah banyak yang toleran dan bisa memahami. Dan semoga orangtua kita termasuk model yang toleran.

Dari BIODATA

Cara yang satu ini tergolong jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Tetapi masyhur di kalangan aktifis dakwah. Cara ini memang agak berbeda dari dua cara di atas, tetapi juga tidak terlepas dari dua cara yang telah disebutkan. Dengan biodata maka kita akan mendapat gambaran calon dengan membaca datanya, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan untuk mengklarifikasi biodata dan menanyakan hal-hal yang perlu. Tentu saja pertemuan tidak bisa hanya dua orang perlu pendamping, bisa teman atau keluarga. Maka saya bilang cara ini tetap membutuhkan rekomendasi teman atau keluarga.

Untuk itu janganlah kita terfokus pada satu cara saja. Banyak cara mendapatkan jodoh. Jika satu cara belum berhasil jangan sungkan cari pake cara yang lain. Dan cara pun tidak terbatas hanya 3 hal di atas masih banyak lagi seperti dari tempat kerja, karena satu pengajian, satu komunitas, satu event dan masih banyak lagi. Tetapi dari kesemuanya itu pasti melibatkan Teman atau keluarga atau kolaborasi teman dan keluarga. Mari bersemangat dalam mencari jodoh. Yakinlah suatu saat kita akan menemukannya, yang terpenting adalah usaha.

rdblt17november2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s