HAL-HAL YANG SERING TERLUPA SAAT BERKENDARA

 

Berkendara ternyata punya aturan-aturannya yang semuanya bertujuan demi keselamatan pengendara maupun orang lain.

Namun sebagai manusia yang tak pernah luput dari lupa (cieee sok bijak….), kadang biker tidak sadar kalau ternyata aturan-aturan itu dilanggar. Nah ini dia beberapa hal yang sering terlupa saat berkendara.

1. Lupa nyalain lampu sein saat mau belok

Hal ini bisa dikarenakan biker sedang buru-buru sehingga lupa atau memang dah kebiasaan biker. Lampu sein adalah salah satu tanda bagi biker bahwa dirinya akan belok ke kanan atau kiri. Dengan tanda ini maka biker yang lain akan tahu bahwa kita akan berbelok sehingga bisa mengambil tindakan tepat agar tidak menyenggol atau menabrak. Biasanya kita akan kaget kalo tiba-tiba ada biker yang nyelonong motong jalan kita. Apalagi kalo berada di jalur cepat, resikonya tinggi. Ingat peraturan yang berlaku yaitu UU No 22 tahun 2009 Pasal 112 yang berbunyi :

(1)      Pengemudi Kendaraan yang akan berbelok atau berbalik arah wajib mengamati situasi Lalu Lintas di depan, di samping, dan di belakang Kendaraan serta memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan.

Makanya sempatkan untuk sekedar memberi tanda kepada biker lain. Demi keselamatan kita juga biker lain

2. Lupa mematikan lampu sein setelah belok

Kebalikan dari yang pertama tadi, sering juga biker lupa mematikan lampu sein setelah belok. Misal tadi belok ke kiri, lampu sein dinyalakan sebelah kiri, namun setelah jalan bahkan bisa sampai tikungan berikutnya lampu sein lupa tidak dimatikan. Hal ini juga akan mengganggu biker lain karena menyangka kita akan berbelok padahal sebenarnya tetep jalan lurus. Hal ini juga beresiko terhadap kecelakaan, atau setidaknya bikin kesal biker yang menjadi kagok karena ulah kita.

3. Lupa menaikkan standar samping motor

Standar samping hanya digunakan jika kita akan memarkir motor. Setelah jalan maka standar samping harus dinaikkan. Tapi kadang kala kita jumpai biker yang lupa menaikkan standar. Jika jalannya lurus dan rata maka tak akan begitu beresiko. Namun jika jalan bergelombang dan berbelok-belok maka kelupaan ini akan berakibat fatal. Biker bisa terjatuh ketika menikung ke sebelah kiri.

Oleh karenanya pastikan standar samping dinaikkan dahulu sebelum kita menjalankan sepeda motor. Untungnya sekarang sudah ada sepeda motor matic yang mana kalau standar samping tidak dinaikkan maka mesin tidak akan dapat dihidupkan. Mungkin saja untuk mengantisipasi sifat lupa biker untuk menaikkan standar samping sebelum jalan.

4. Lupa menyalakan Lampu Utama

Sesuai UU Lalu Lintas No. 22 tahun 2009 Pasal 107 yang berbunyi :
(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
(2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat(1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari
.

maka sebagai seorang biker wajib menyalakan lampu di siang hari.

Sebagian kita masih berpikir bahwa tak wajar menyalakan lampu utama di siang hari. Tapi peraturan tetep peraturan. Kalo melanggar yaa siap-siap aja kena tilang. Tapi ingat juga jangan sampai biker lain silau oleh sorotan lampu sepeda motor kita. Oleh karena itu posisikan di Low sehingga tidak menyilaukan biker lain.

So bagi para biker, ingatlah hal-hal tersebut agar perjalanan kita nyaman dan aman baik bagi kita sendiri maupun oranglain. Salam Biker !!!!!

repost dari blog lawas tertanggal 06 juni 2012

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s