Perilaku Biker Yang Bikin Errrgggghhhhhh………

Pengalaman bermotor ria selama bertahun-tahun pastilah menemui hal-hal yang gak diinginkan. Apalagi akhir-akhir ini dimana perilaku berkendara sebagian biker sangat mengganggu. Tak jarang bikin errrrgggghhhhhhh. Ni dia beberapa perilaku biker yang sangat mengganggu biker lainnya.

1. Berkendara sambil ber-HAPE-ria

Paling sering nemuin para biker yang berkendara sambil pegang HAPE. Kalo Cuma pegang sih gak masalah. Tapi mereka beraktifitas dengan hape. Paling sering ditemui adalah ber-SMS ria sambil pegang stang dengan satu tangan. Hal ini sangat mengganggu pengendara lain. Efek yang ditimbulkan adalah laju kendaraan melambat, mending kalo jalanan sepi gak begitu terasa, tapi dalam kondisi jalanan padat dan di jalur cepat, akan membuat dilema. Mau disalip jalanan penuh dan beresiko, gak disalip bikin lama perjalanan. Padahal sudah ada aturan kalo berkendara dilarang beraktifitas dengan hape. Emang seberapa pentingkah SMS itu sampai harus membalas SMS ketika berkendara. Atau mungkin SMS dari temennya yang akan bunuh diri kalo SMS gak segera dibalas.wkwkwkwk… Sebagai biker yang sadar akan keselamatan diri sendiri dan orang lain tentunya jangan lakukan hal tersebut.

2. Nerobos Lampu Merah

Menerobos lampu merah dengan tanpa kena tilang bisa saja terjadi. Bahkan di daerah yang pelosok masih sering terjadi dan aman-aman saja. Padahal sejatinya sangat berbahaya bagi pengendara lain. Ada dua macam yang dikategorikan menerobos lampu merah. Yang pertama tetap melaju saat tahu lampu merah menyala. Yang kedua, untuk traffic light- yang ada penghitung mundurnya, sudah mulai jalan saat lampu merah menyala menyisakan sekitar 2 detik menuju lampu hijau. Kalo kondisi sepi sih nda masalah. Tapi kalo kondisi persimpangan yang ramai akan sangat riskan. Bisa terjadi kecelakaan. Asal tau aja kalo dalam pelajaran sekolah dulu, lampu kuning tanda harus mengurangi kecepatan, tapi prakteknya lampu kuning berarti memacu kendaraan lebih kencang agar tidak terjebak lampu merah. Nah kalo kendaraan justru semakin cepat saat lampu kuning, sementara di persimpangan lain sebelum lampu hijau sudah menyala, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi? Ya memang sih masih banyak yang selamat, tapi kan tetep aja mengandung resiko. Kalo boleh dibilang menciptakan resiko dengan melanggar aturan itu suatu perbuatan bodoh.

3. Bermesraan saat berboncengan

Kayaknya sih… eh bukan kayaknya tapi yakin kalo mereka belum nikah. Usia juga masih bau kencur tapi kalo berboncengan dah mesra banget. Kayaknya mau nunjukkin kalo mereka pasangan paling romantis sedunia. Padahal NIKAH AJA BELUM. Justru kalo pasangan yang sudah nikah, malah santai-santai aja waktu boncengan. Kemesraan hanya ditunjukkan di rumah aja. Pernah lihat kasus remaja berboncengan kena tilang setelah nerobos lampu merah. Kalo aku sih gak kasihan, tapi malah nyukurin. Dan kayaknya perlu deh dibuat aturan dilarang bermesraan saat berboncengan. Selain hal itu (bermesraan-red) mengganggu mata juga termasuk maksiyat.

4. Berjajar dan mengobrol

Perilaku selanjutnya yang tak kalah membuat reseh adalah biker yang berjajar dan saling ngobrol plus jalannya pelan. Kalo kondisi sepi sih gak masalah, tapi kalo kondisi jalanan ramai bisa bikin ujian kesabaran. Apa emang mereka gak punya perasaan atau emang gak mengetahui kalo hal itu menghambat pengendara lain.

Itulah beberapa perilaku biker yang kadang bikin kita eneg melihatnya. Masih banyak lagi perilaku yang membahayakan biker baik yang bersangkutan lebih lebih biker lain. So, jangan sampai kita ikut-ikutan seperti mereka. Ingat bahwa berkendara di jalan raya berarti kita menggunakan fasilitas umum. Jangan seenaknya saja, pastikan keselamatan diri sendiri dan kenyamanan orang lain.

rdblt 31mei2102

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s