REFLEKSI AKHIR TAHUN 2013

Tahun 2013 segera berakhir. Insya Allah tidak sampai sehari lagi sudah akan berganti tahun. Pergantian tahun bagi sebagian orang memiliki makna khusus, spesial. Maka tak heran malam pergantian tahun selalu menjadi momen yang dirayakan besar-besaran hampir oleh sebagian besar masyarakat. Bahkan jauh-jauh hari mereka sudah mempersiapkannya. Belum lagi media-media elektronik yang memang akan menyiarkan gelaran akbar tersebut hampir di selmua channel televisi yang ada. Pergantian malam tahun batu memang sebegitu meriah.

Tapi apakah semua itu memberi manfaat kepada kita? Baik secara individu maupun secara kolektif. Ketika malam itu dirayakan dengan semeriah-meriahnya, dengan seheboh-hebohnya, dengan semarak yang luar biasa, pesta kembang api semalam suntuk, tiup terompet setiap saat. Adakah efek positifnya bagi kita bila kita hanya melakukan ritual tanpa dimaknai dengan sebenar-benarnya. Bukankah jamak dari masyarakat kita hanya tergiur oleh meriahnya malam pergantian tahun, tanpa tahu hal pokok yang seharusnya dilakukan, jika masih menganggap momen pergantian tahun baru adalah sesuatu yang spesial. Bukankah kebanyakan dari masyarakat kita hanya berhura-hura saja, menghabiskan malam dengan gegap gempita pesta, membakar berjuta-juta rupiah hanya untuk sekedar melihat kenaikan satu angka digit terakhir dalam barisan empat angka tahunan. Jika sudah begitu apakah makna pergantian tahun baru itu? Apa makna gegap gempita dan hura-hura itu?

Malam tahun baru bukankah sama dengan malam-malam sebelumnya ataupun juga malam-malam setelahnya, karena setiap saat waktu berjalan baik dengan sepengetahuan manusia ataupun tidak. Kita mau bergadang semalaman, memelototi detik-detik jam dinding, waktupun akan berlalu, hari akan berganti. Atau kita mau lewatkan dengan tidurpun hari juga akan berganti. Atau kita gunakan untuk beribadah juga hari akan berganti.

Sejatinya bukan bagaimana kita akan melewatkan detik-detik itu dengan perayaan yang mewah, hura-hura, konser dan kegegap gempitaan yang lain. Sejatinya yang menjadi penting bagi kita adalah bagaimana memaknai pergantian tahun ini sebagai sebuah tonggak atau momen perubahan menjadi lebih baik. Bagaimana kita meng-evaluasi diri kemudian kita merangkai-rangkai solusi untuk kemudian kita laksanakan di tahun yang baru. Bahkan sejatinya bagi kita sudah sepantasnya mengevaluasi diri kita setiap hari, sehingga tiadalah berlalunya malam-malam kita melainkan ada sepenggal waktu di sana untuk bermuhasabah diri, mengevaluasi diri. Kalau sudah seperti ini rasanya tiadalah perlu kita merayakan malam pergantian tahun dengan hal-hal yang berlebihan.

Memang sebagian kita ada yang membuat evaluasi dan kemudian meramu solusi di momen pergantian tahun. Dan itu sah-sah saja. Setiap orang memiliki hak untuk itu. Tapi saya yakin bahwa sebagian besar kita juga setuju bahwa untuk mengevaluasi diri tidak perlu dengan hura-hura, dengan pesta pora. Bukankah hal itu, hura-hura dan pesta pora, justru akan melalaikan manusia dari hakikat mengambil manfaat adanya pergantian tahun. Akan lebih bijak kiranya jika kita memaknai malam pergantian tahun baru dengan sesuatu yang positif. Akan lebih bermanfaat kiranya jika uang-uang yang dihambur-hamburkan itu dikumpulkan dan disalurkan demi membantu masyarakat-masyarakat miskin. Akan lebih baik jika momen pergantian tahun menjadi ajang bakti sosial dimana masyarakat yang mampu memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sudah saatnya bagi kita untuk mengubah haluan menanggapi malam pergantian tahun dari kegiatan hura-hura dan pesta pora menuju kegiatan amal dan sosial. Insya Allah akan lebih membawa berkah. Pun akan lebih baik lagi jika kita lakukan itu tidak hanya saat pergantian tahun saja tetapi menjadi semacam kegiatan rutin.

#31 desember 2013, kurang dari 15 jam lagi 2014.

2013 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s