Jangan kau…

Jangan kau benci taman, hanya karena seekor ulat yang membuatmu takut

Jangan kau benci samudra,hanya karena satu hari tak kau jumpai ikan

Jangan kau benci angin, hanya karena sesekali membuatmu kalut

Jangan kau benci padang, hanya karena ilalang yang menggaris kulitmu

Advertisements

Komedi Kekerasan

Definisi-Dan-Jenis-Penerima-TelevisiAkhir-akhir ini marak acara televisi bertajuk komedi. Hampir semua stasiun televisi mempunyai siaran komedi baik tingkat nasional maupun  lokal. Seiring tanggapan yang positif dari masyarakat tentang komedi [ yang dilatarbelakangi kebutuhan masyarakat akan hiburan] menjadikan komedi laris manis menjadi tontonan dengan rating yang tinggi. Boleh jadi komedi-komedi tersebut menrupakan salah satu cara masyarakat mencari hiburan di tengah sulitnya atmosfer kehidupan yang semakin kejam.

Disatu sisi komedi mampu memenuhi tujuannya menghibur masyarakat. Namun di sisi lain komedi di tanah air bermetamorfosis menjadi sesuatu yang membahayakan. Jarang kita jumpai materi-materi guyonan mengandung pendidikan dan pengetahuan. Yang ada adalah bentuk pengejawantahan dari bentuk kekerasan, kebodohan, pelecehan dan penghinaan. Dan tanpa disadari ternyata masyarakat lebih menyukai konsep  komedi yang seperti itu. Lihat saja para pelawak yang mendorong-dorong temannya hingga jatuh menjadi salah satu sumber tertawaan penonton. Pemukulan terhadap lawan main menggunakan benda-benda di sekitar kita. Meskipun itu terbuat dari bahan lunak ( sterofoam atau gabus ) namun masyarakat terutama anak-anak akan melihat bentuk kekerasan yang dilakukan  jarang yang berpikir tentang bahan yang digunakan.

Selain itu materi yang disukai adalah bentuk – bentuk pelecehan, membodoh-bodohkan oranglain, mengejek kekurangan dan kelemahan orang lain dan menghinakan orang lain bahkan diri sendiri. Ditunjang dengan dialog-dialog yang kurang bermutu dan kurang cerdas menjadikan acara komedi di televisi lebih menjadi racun daripada hiburan. Boleh dibilang dialog-dialog lebih mengarah kepada hal-hal berbau mesum dan memperlihatkan ketidak sopan-santunan daripada hal-hal yang bersifat pendidikan.

Sudah saatnya bagi kita untuk pandai-pandai memilih dan memilah mana acara televisi yang bermanfaat dan mana yang membahayakan. Bagi kita yang sudah dewasa dan orangtua mungkin lebih bisa memahami dengan baik mana yang nyata mana yang bohongan. Tetapi bagi anak-anak, apa yang dilihat itulah yang dianggapnya nyata. Bagaimanapun membatasi untuk menonton televisi merupakan langkah bijak menyelamatkan diri sendiri dan generasi sesudah kita.

Bencana : Penyeimbang Kehidupan

Banyak bencana akhir-akhir ini terjadi di Indonesia. Mulai dari banjir, gempa, tanah longsor, tsunami sampai gunung meletus. Kesemuanya merupakan suatu pertanda dan peringatan dari Allah SWT bagi kita, bahwa mungkin selama ini kita telah berbuat tak adil terhadap alam. Dan kini alam menagih keadilan kepada Sang Pencipta lalu Dia memperkenankannya.

Memandang bencana memang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Ada yang memandang bahwa bencana merupakan kejadian alam biasa dan siklus normal kehidupan. Ada pula yang memandang bencana sebagai sebuah peringatan bagi manusia untuk segera berbenah diri memperbaiki hubungan manusia dengan Alloh dan alam sekitarnya. Ada pula yang memandang bencana dari sisi mistis.

Mari kita tengok, betapa alam  telah dikuras [ eksploitasi ] tanpa batas sehingga alam kehilangan keseimbangannya. Bukit-bukit dan sungai-sungai sepanjang lereng gunung dikeruk setiap hari tanpa mengenal kata berhenti. Saking rakusnya, lereng-lereng dan tebing-tebing diruntuhkan lalu diambil pasir dan bebatuannya. Alam pun mengalami ketidak seimbangan. Suhu memanas, vegetasi rusak dan hewan pun terusir dengan paksa. Lalu gunung memuntahkan isi perutnya untuk menutup kembali lubang-lubang galian, menyediakan tanah yang subur untuk tempat tumbuhnya vegetasi [yang juga merupakan tempat hidup hewan-hewan]. Sementara itu manusia dipaksa terusir dan meninggalkan tempat kediamannya.

Bencana yang merusak perkampungan-perkampungan, meluluh-lantakkan rumah-rumah dan kebun-kebun tanpa pandang bulu. Entah itu rumah dan kebun si miskin atapun rumah dan kebun si kaya. Semua musnah dan hancur, manusia dikembalikan ke posisi awal, bahwa mereka tak punya apa-apa lagi. Boleh jadi ini merupakan teguran bahwa selama ini manusia sejatinya hidup individualis. Yang kaya semakin kaya, sementara yang miskin semakin menderita. Yang kaya tak mau membantu yang miskin bahkan dengan angkuhnya menyalahkan si miskin bahwa kemiskinan mereka karena tak mau berusaha. Dengan bencana ini kita diperingatkan bahwa ketika semua hancur dan musnah, apalagi yang dipunya. Yang kaya, apa yang dibanggakan, semua miliknya musnah, justru mereka semakin sedih merasakan besarnya kerugian. Sementara yang miskin juga merasa sedih harta yang sedikit itu pun lenyap. Manusia kembali diseimbangkan bahwa mereka harus mulai dari NOL lagi.

Bencana juga merupakan teguran bagi kita. Barangkali telah banyak kemunkaran dan kejahatan yang terjadi di masyarakat kita. Sementara kita hanya berdiam diri melihatnya. Tanpa menegur, tanpa memperingatkan dan tanpa rasa kecewa melihat itu semua. Kita kembali disadarkan bahwa untuk bisa hidup dengan baik maka kita harus bisa menyeimbangkan diri dengan alam. Lihatlah, gunung yang tinggi menjulang, diamkah ia? Laut yang berdebur, diamkah ia? Pohon-pohon yang berdiri tegak, diamkah mereka? Burung-burung dan hewan lain yang bernafas, membisukah mereka? Sama sekali tidak. Gunung yang berasap, Laut yang berombak, Pohon yang melambai, burung-burung  berkicau dan hewan-hewan yang berkeliaran mereka semua bertasbih mengagungkan Nama-Nya. Tak satupun yang luput dari tasbih-tasbih tersebut. Hanya kita manusia yang seringkali lupa. Maka Alloh-pun mengingatkan kita melalui hamba-hamba-Nya yang bernama gunung, tanah, laut, angin, pohon dan alam secara keseluruhan.

Bencana terjadi bukan karena alam yang tidak bersahabat. Bencana terjadi karena ulah tangan manusia yang seringkali lupa bahwa Dia Maha Kuasa di atas Segalanya. Dan bencana bukanlah sebab rusaknya lingkungan, melainkan bencana merupakan penyeimbang alam.

* Bunder, 14 km dari puncak Merapi, berteman secangkir kopi, laptop dan kesunyian.

Potensi Diri : AKU PASTI BISA !!!

Suatu waktu di suatu tempat terjadi dialog :

“Ayah..besok kalo aku udah gede mau jadi pilot.biar bisa kemana-mana.” kata seorang anak kepada ayahnya. “Iya kamu pasti bisa nak..” jawab ayahnya.

Di tempat yang lain juga terjadi dialog :

“Abi, aku pengen jadi penghafal Al-Quran..” kata seorang anak kepada bapaknya. ” Insya Allah, abi bantu doain Nak” jawab bapaknya.

Tempat lain tak luput juga terjadi dialog :

“Simbok, mbenjang kulo pengen dados juragan lombok ” kata seorang anak kepada ibunya. ” Iyo Ngger mugo2 kasembadan” jawab ibunya.

Di tempat yang lain dari yang lain terjadi dialog pula:

” Bu, besok gede aku pengen jadi anggota DPR, biar bisa ke luar negri terus” kata seorang anak kepada ibunya. ” Aduh Nak, gak ada pilihan lainkah di hatimu?” jawab ibunya khawatirSang anak berpikir lagi lalu berkata ” ya udah deh kalo gitu aku jadi ketuanya DPR saja..”

———————————o0o——————————–

Ketika kita membaca biografi orang-orang besar, seringkali kita berpikir “kok bisa ya mereka seperti itu”. Lalu akan muncul pertanyaan “bisakah aku menjadi seperti itu?”. Setiap kisah yang menginspirasi [inspiring story] akan membuat kita berpikir apakah bisa mengikuti jejak langkah mereka. Terkadang kita menjadi kurang yakin dan berkata bahwa memang orang-orang tersebut adalah orang-orang yang hebat. Padahal setiap kita sebenarnya punya potensi yang sama dengan mereka.

Mari kita renungkan. Berapa jam sehari waktu mereka dalam sehari? 24 jam seperti kita bukan? Apa sih yang mereka makan? Bukankah sama dengan kita, masih seputar karbohidrat, protein, lemak, vitamin. Apa yang mereka hirup? Bukankah masih udara yang kita hirup juga. Dan masih banyak hal lain yang sama, yang menandakan bahwa sebenarnya kita punya kemampuan yang sama dengan mereka. Lalu mengapa kita harus meragukan diri sendiri. Kita harus yakin bahwa kita bisa seperti mereka. Kunci utamanya adalah keyakinan, usaha dan doa.

Mereka bisa menjadi seperti yang kita kagumi bukan tanpa hambatan. Mereka terbiasa melalui cobaan demi cobaan, mereka hafal betul dengan ejekan dan sindiran. Mereka pun tak jarang dihadapkan pada kondisi yang sulit, lingkungan yang tidak mendukung dan semangat yang kadang naik-turun. Namun yang pasti setiap mereka punya keyakinan bahwa AKU BISA. Mereka adalah orang-orang yang menanamkan dalam diri mereka bahwa perubahan tak akan terjadi tanpa ada keyakinan yang kuat dan usaha yang terus-menerus serta disertai keyakinan bahwa Sang Pencipta pasti menolong hamba-Nya yang berusaha.

Perhatikanlah perkataan ini :

“Setiap kita dibekali bakat dan kemampuan yang sama. Tinggal bagaimana kita mengolahnya untuk membentuk kita menjadi seperti apa.” 

Jika kita ingin berhasil dan menjadi orang sukses, perkuat keyakinan kita, pertegas langkah kita dan pertebal keimanan kita. Salam Sukses !!!

Enam Wasiat Umar R.a.

Semasa Umar bin Khattab masih hidup Umar meninggalkan wasiat yaitu:
1. Jika engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu. Karena celamu lebih banyak darinya.
2. Bila engkau hendak memusuhi seseorang, maka musuhilah perutmu dahulu. Karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya terhadapmu selain perut.
3. Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah.
4. Jika engkau ingin meninggalkan sesuatu, maka tinggalkanlah kesenangan dunia. Sebab apabila engkau meninggalkannya, berarti engkau terpuji.
5. Bila engkau bersiap-siap untuk sesuatu, maka bersiplah untuk mati. Karena jika engkau tidak bersiap untuk mati, engkau akan menderita, rugi ,dan penuh penyesalan.
6. Bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntutlah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya.

Mau Golput? Gak Ah… Tapi… Pilih Partai Mana ya?

ngobrolJo            : “Tong tanggal 09 April 2014 nyoblos kan ya.. ?”
Tong      : ” Gak tau nih.. kayaknya sih Golput aja kayak pemilu yang lalu… “
Jo            : “ Emang kenapa Tong?… Kata Iklan hari gini golput? KUNOOOO… “
Tong      : “ Ah cuma iklan doang…gak ngaruh ke aku..”
Jo            : “ Lho… lha emang kenapa golput? “
Tong      : “ Ah kayaknya sama saja… milih partai mana saja tetap gak akan ada perbedaan.. paling-paling juga cuma ditipu aja kita.. baik-baikin rakyat biar dapat suara.. setelah duduk di singgasana giliran rakyatnya yang diinjak-injak…”
Jo            : “ Eeeeh… gak boleh pesimistis gitu ah.. masih banyak yang baik kok..  “
Tong      : “ Ah paling juga cuma pencitraan aja itu… kayaknya golput lagi aja lah kali ini“
Jo            : “ Memang memilih dalam pemilu adalah hak kita Tong.. Bisa kita gunakan atau tidak.. Tapi menggunakan hak pilih kita, setidaknya ada niatan baik buat kita untuk membangun negeri ini.. Taruhlah menurut Lu gak ada yang baik.. Ya kita masih mending memilih yang tingkat tidak baiknya lebih kecil.. gampangnya kita pilih yang terbaik dari yang ada… “
Continue reading

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

sirih-125x125

Daun sirih yang selama ini kita kenal karena digunakan oleh nenek kita sebagai salah satu bahan untuk nginang (bahasa Jawa) ternyata mengandung banyak manfaat .Dalam daun sirih terdapat eugenol yang mempunyai karakter antifungal. dengan karakter antifungal ini, daun sirih bisa dipakai untuk menghalangi tumbuh serta berkembangnya yeast ( sel tunas) dari candida albicans.

Daun sirih juga memiliki kandungan zat antiseptik yang bertindak saat membunuh bakteri. karakter antiseptik yang dimiliki daun sirih dikarenakan dari turunan fenol yakni kavikol, di mana karakter antiseptiknya 5x lebih efisien apabila dibanding fenol biasa. 

Tak hanya dari dua karakter di atas, daun sirih juga mempunyai dampak antibakteri pada streptococcus mutans, streptococcus viridans, streptococcus sanguis, staphylococcus aureus, serta, actinomyces viscosus.

Sebagian faedah daun sirih

Di bawah ini  sebagian faedah daun sirih sebagai tanaman obat dan bagaimana langkah meramu serta memakainya sebagai obat : 

  1. Menyembuhkan pendarahan pada hidung / mimisan : lbr daun sirih agak muda dilumatkan, gulung sembari ditekan hingga keluar minyaknya. pakai untuk menyumbat hidung.
  2. Sebagai obat batuk : rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa ¾ air. minum air rebusan tersebut dengan memberikan satu sendok madu. kerjakan sampai batuk hilang.
  3. Sebagai obat bronchitis : daun sirih sejumlah 7 lbr, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. minum 1/3 gelas dengan aturan 3 kali 1 hari.
  4. Obat luka bakar : peras daun sirih secukupnya, imbuhkan madu sedikit, lantas tambahkan di bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.
  5. Menghilangkan bau badan : rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai jadi gelas, minum dengan teratur setiap hari.
  6. Menyembuhkan bisul : bersihkan daun sirih secukupnya, giling sampai halus, lantas tambahkan pada bisul serta sekelilingnya. lantas dibalut. kerjakan 2x 1 hari.
  7. Menghilangkan aroma kurang enak pada mulut : 4 lembar daun sirih, diseduh air panas, tunggulah lebih kurang jam. pakai sebagai obat kumur.
  8. Menyembuhkan sariawan : 2 lembar daun sirih fresh dicuci, lantas kunyah sampai lumat oleh mulut anda. buang ampasnya.
  9. Menyembuhkan keputihan : rebus 10 lbr daun sirih menggunakan 2, 5 ltr air, angkat, lantas pada situasi air hangat pakai untuk membersihkan sisi kemaluan.
  10. Obat jerawat : tumbuk 10 lbr daun sirih sampai halus, seduh dengan dua gls air panas. sesudah dingin, pakai air seduhan tersebut untuk membersihkan muka. kerjakan 1 hari 2 sampai 3 kali.
  11. Menyembuhkan diare : 6 lbr daun sirih, 6 biji lada, sdm minyak kelapa. tumbuk seluruh bahan sampai halus, pakai sebagai obat gosok di bagian perut.
  12. Kurangi air asi berlebih : ambillah daun sirih secukupnya, lantas oleskan dengan minyak kelapa, panaskan di atas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan di seputar payudara yang bengkak.
  13. Menangani mata merah serta gatal : rebus 6 lbr daun sirih menggunakan gls air sampai mendidih. sesudah air rebusan dingin, pakai untuk membersihkan mata. kerjakan 3x 1 hari sampai mata anda pulih.

Itulah sebagian manfaat daun sirih bagi kehidupan kita. Ramuan Tradisional,  Aman dan Murah. 🙂

@diambil dengan penambahan dari http://www.manfaatpedia.com/manfaat-daun-sirih-bagi-kesehatan.php.