Lo-Gue-End ??? No Way…

Setelah kita tahu tahapan-tahapan membangun ukhuwah yang ternyata butuh perjuangan maka jangan sampai deh kisah ukhuwah kita berakhir dengan Lo-Gue-End. Sayang banget kaaan?

Nah untuk itu kita perlu tahu apa saja sih perusak ukhuwah yang bisa bikin Lo-Gue-End.

Pertama, memperolok-olok, baik dengan kata-kata maupun dengan bahasa isyarat.. Janganlah kita suka memperolok-olok orang lain manakala kita tidak suka diolok-olok, apalagi belum tentu orang yang kita olok-olok itu lebih buruk dari diri kita. Baik dalam kondisi serius maupun bercanda hindari sikap dan perkataan memperolok-olok karena tidak ada manfaatnya bagi hubungan kita. Justru yang ada adalah rasa direndahkan, sakit hati dan permusuhan.

Kedua, mencaci atau menghina orang lain dengan kata-kata yang menyakitkan, apalagi bila kalimat penghinaan itu bukan sesuatu yang benar. Manusia yang suka menghina berarti merendahkan orang lain, dan iapun akan jatuh martabatnya.

Ketiga, berburuk sangka, ini merupakan sikap yang bermula dari iri hati (hasad). Sikap ini akan merusak ukhuwah karena kita akan menjadi benci dengan kenikmatan atau keberhasilan orang lain.

Keempat, memanggil orang lain dengan panggilan gelar-gelar yang tidak disukai. Misalnya kita memanggil dengan sebutan si Pendek, si Hitam, si Keriting dan lain sebagainya. Memanggil orang dengan gelar sifat yang buruk juga tidak dibolehkan meskipun sifat itu memang dimilikinya misal si pembohong, si pendusta, tukang gosip dan lain sebagainya. Karenanya jangan dipanggil seseorang dengan gelar-gelar yang buruk. Akan tetapi cukup panggil dengan nama panggilan biasa atau kalau kita tahu nama panggilan yang dia sukai kita panggil dengan nama yang dia sukai itu.

Kelima, mencari-cari kesalahan orang lain, hal ini karena memang tidak ada perlunya bagi kita, mencari kesalahan diri sendiri lebih baik untuk kita lakukan agar kita bisa memperbaiki diri sendiri.

Keenam, bergunjing dengan membicarakan keadaan orang lain yang bila ia ketahui tentu tidak menyukainya, apalagi bila hal itu menyangkut rahasia pribadi seseorang.

Untuk itu kita perlu berhati-hati jangan sampai kita melakukan hal-hal yang bisa merusak ukhuwah kita. Pokoknya jangan sampe ukhuwah kita berakhir dengan  Lo-Gue-End.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s