Untuk apa socmed engkau gunakan?

blog_artist2Social media, terlebih facebook dan twitter, memang menjadi sebuah fenomena dalam kehidupan sosial manusia. Bagaimana tidak, social media tersebut telah hampir menguasai setiap sendi kehidupan manusia. Pun juga telah menjelma menjadi nafas bagi sebagian orang. Lihat saja betapa banyaknya orang yang update status, nge-twit dan lain sebagainya. Bahkan ada yang hampir setiap aktifitasnya ditulis di social media. Setiap detik, setiap menit ada status dan twit yang baru.

Social media, sebagai bagian dari aktifitas manusia jaman sekarang tentunya bukan sesuatu yang asing lagi. Bahkan hampir semua orang memiliki akun FB dan twitter. Dimungkinkan pula memiliki lebih dari satu akun. Selain personal, organisasi maupun kelompok masyarakat juga sudah memiliki akun tersendiri. Dan memang tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan social media ini membawa dampak baik, seperti mudahnya saling berkomunikasi dan berbagi informasi. Meskipun di sisi lain juga berpotensi menimbulkan efek negatif.

Setiap orang punya hak terhadap akun masing-masing, termasuk kita. Kita bisa saja memposting segala sesuatu yang memang kita suka di social media. Apapun itu, termasuk update status, nge-twit,  uploag foto dan video.  Asalkan kita selalu ingat bahwa kita hidup tidak hanya di dunia. Pertanggungjawaban terhadap apa yang kita kerjakan pasti akan dimintai nanti di akhirat. Karena kita selaku makhluk beragama yang percaya akan adanya hari perhitungan nanti.

Lalu apa yang mesti kita lakukan? Apakah kita tidak boleh sesuka hati melakukan aktifitas di FB maupun twitter? Itu dikembalikan kepada pribadi masing-masing. Yang pasti apapun yang kita lakukan pasti akan ada pertanggungjawaban di akhirat nanti. Dan ketika kita menyadari hal tersebut sudah sepantasnya kita perlu berhati-hati dalam beraktifitas dengan social media ini.

Social media secara tidak langsung menjadi perpanjangan dari mulut kita. Artinya tulisan-tulisan yang kita posting, foto-foto dan video yang kita unggah, secara tidak langsung menjadikan suatu informasi yang disampaikan kepada orang lain. Kita ibaratkan seperti kita berbicara kepada orang lain. Nah dalam konteks penyampaian informasi (terutama bicara) ada kaidah umum nan baik yang patut kita ikuti. “Berbicaralah yang baik atau diam”. Nah seperti itu juga di social media. Ketika kita tidak bisa menuliskan sesuatu yang baik, mengunggah foto-foto yang bermanfaat akan lebih baik kiranya bila kita tidak memperturutkan keinginan untuk melakukan hal tersebut.

Kemudian ada kaidah yang kedua, bahwa ketika ada manfaat dan madharat (keburukan), yang mana manfaat dan madharatnya berbobot seimbang, maka meninggalkan madharat lebih diutamakan daripada mengambil manfaat.  Untuk itu senantiasa kita berpikir apakah ada manfaatnya bila aku menulis begini, bila aku memposting ini dan itu. Manfaat bagi diri sendiri juga manfaat bagi orang lain. Dan sudah sebijaknya bila kita memposting adalah hal-hal yang mengandung manfaat baik bagi diri sendiri ataupun bagi orang lain. Dan selalu ingat bahwa apa yang kita katakan, apa yang kita tuliskan adalah cerminan akhlak kita.

One thought on “Untuk apa socmed engkau gunakan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s