Apakah Kidal Diharamkan dalam Islam?

dianisnaeni

Judul tulisan ini mungkin akan sering muncul di benak orang-orang yang kidal, dan dalam hal ini, I can count myself in. Meski sudah dari kecil saya belajar menggunakan tangan kanan, tapi kidalnya masih tidak bisa hilang dalam beberapa kebiasaan sehari-hari.

Suatu siang di bangku SMP, saat sedang makan siang di kantin sekolah, saya agak terkejut karena salah seorang guru saya yang alim, berhenti cukup lama di sebelah saya. Setelah bertanya, ternyata guru saya sedari tadi memerhatikan saya makan, dan akhirnya menasihati untuk tidak makan dengan tangan kiri, meski menggunakan sendok. Saya spontan saja mengeluh bahwa hal itu sulit untuk dilakukan, bahwa ini sudah menjadi kebiasaan sejak kecil, namun tetap dinasihati untuk belajar pelan-pelan menggunakan tangan kanan.

Setelah kejadian itu, saya bertanya ke guru agama saya, dan beliau cukup terkejut dengan kebiasaan saya ini, dan ditunjukkanlah buku-buku yang di dalamnya memuat tentang hukum-hukum pelarangan makan dan minum dengan tangan kiri.

Hadits-haditsnya adalah sebagai berikut.

  1. Dari…

View original post 588 more words

Leave a Reply

