Tips ANTI PATAH HATI

Repost dari blog lama saya yaitu tentang bagaimana mengobati patah hati. Tulisan tahun 2009 tersebut menjadi salah satu materi yang mungkin akan berguna bagi teman-teman pembaca sekalian. Mari kita simak pembahasan berikut.

Patah Hati adalah kondisi dimana hati yang kehilangan harapan terhadap sesuatu. Entah itu materi, manusia, cita-cita dan lain sebagainya. Pada perkembangannya namanya bisa menjadi berbeda-beda, pada umumnya patah hati ditujukan untuk menyebut ketika seseorang kehilangan harapan terhadap lawan jenisnya. Pengertian inilah yang dipakai dalam pembahasan kali ini.

Patah hati kebanyakan disebabkan oleh hal berikut :

  1. Yang dicintai menolak baik dengan tegas maupun secara halus. Bisa dilihat dari gerak-geriknya atau tutur katanya.
  2. Yang dicintai menikah dengan orang lain baik dengan pemberitahuan terlebih dahulu maupun tidak ada kabarnya.
  3. Yang dicintai menerima akan tetapi kemudian meninggalkan tanpa jejak atau menolak kemudian.

Patah hati pada kebanyakan kasus mengakibatkan penderitaan yang berkepanjangan. Seseorang yang sedang patah hati biasanya menjadi murung, tidak doyan makan, suka menangis sendirian (-memalukan–😀 ) dan hal yang tidak masuk akal. Hal ini jika tidak segera mendapat penanganan serius bisa mengakibatkan hal yang lebih fatal. Bisa membuat orang jadi stres lalu nekat bunuh diri atau jadi merusak dirinya sendiri, bisa dengan mabuk-mabukan atau terjerat obat-obat terlarang.

So, bagaimana sih cara mengobati patah hati ?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati patah hati. Diantaranya :

1. Menyadari bahwa itu sudah menjadi takdir-Nya. So pasrah dan ikhlas atas ketentuan-Nya. Tetap yakin dan percaya bahwa berarti dia gak tepat buat kita, dan akan ada yang lebih baik darinya ( setidaknya buat diri kita). Yakinlah pasti itu tidak mudah, tapi semua berawal dari sini.

2. Tanamkan pada pikiran kita bahwa dia tak sebaik yang kita persepsikan. Yakinlah dia punya kekurangan yang mungkin akan membuat kita menyesal. Pada tahap ini kita perlu menumbuhkan “perasaan tidak suka” positif untuk menetralkan rasa cinta yang sudah terlanjur ada.

3. Perbanyak silaturahim ke rumah-rumah teman. Hal ini akan mempermudah kita melupakan dia, karena pikiran kita menjadi hidup dan tidak terkungkung memikirkannya serta hati tidak larut dalam kesedihan.

4. Perbanyak aktifitas dan olahraga. Kegiatan yang banyak akan dapat menyalurkan energi kita untuk hal-hal positif sehingga kita akan lebih cepat melupakan sakit yang dirasakan.

5. Berbagi dengan keluarga atau sahabat bisa menjadi solusi terbaik. Sahabat akan selalu ada untuk membantu kita. Inilah waktu bagimu menunjukkan betapa sahabat itu penting disaat kita sedang merasakan kesedihan.

6. Tingkatkan amal ibadah untuk mengimbangi kekosongan hati agar tidak dimasuki oleh syaitan.

7. Jika ada barang yang pernah dia berikan kepada kita sebaiknya kita berikan kepada orang lain, agar tidak menimbulkan kenangan.

8. Batasi komunikasi dengannya. Kalau mempunyai nomer telpon, menghapusnya bisa menjadi solusi tepat untuk membatasi komunikasi dengannya. Termasuk juga akun sosial media.

9. Sedikit cuek terhadap apa yang terjadi padanya juga bisa menjadi langkah positif, agar hati lebih terjaga.

10. Mencari alternatif lain yang lebih rasional dengan cara yang santun (syar’i).

So, bagi kita patah hati bukanlah hal yang begitu menyengsarakan dan membuat kita lemah. Justru harus dipahami bahwa berarti Alloh telah menyelamatkan diri kita dari keburukannya yang tidak kita ketahui, dan nanti ketika saatnya tiba akan datang seseorang yang telah disiapkan untuk kita. Yang akan membuat hidup kita indah seindah-indahnya di bawah Naungan Ridho-NYA..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s