Tips MENJAGA PERSAUDARAAN

Persaudaraan. Sebuah kata indah yang mencerminkan dalamnya hubungan seorang manusia dengan lainnya. Disana ada konsekuensi yang lebih besar. Ketika seseorang mengikrarkan bahwa ia adalah saudara bagi yang lain maka ia sudah rela untuk menjadi sebagian ruh dari yang lain dan begitu pula sebaliknya ruh saudara akan menjadi bagian darinya.

Indahnya persaudaraan. Namun sangat sedikit sekali orang yang benar-benar bisa menjadi saudara bagi yang lainnya di masa kini. Di mana bagi sebagian besar orang, motif-motif duniawi menjadi landasan mereka menjalin hubungan. Pada akhirnya ketika keuntungan yang diharapkan tidak diperoleh maka hubungan itu pun bubar jalan meninggalkan satu sama lain. Sayang, sungguh amat sayang. Seharusnyalah hubungan persaudaraan dilandaskan kepada Allah SWT sehingga apapun yang terjadi semuanya akan kembali diserahkan kepada-Nya. Tidak ada yang merasa begitu tersakiti jika persaudaraan itu gagal.

Persaudaraan yang begitu sakral harus tetap diusahakan agar tetap terjalin selamanya, karena Allah SWt akan menaungi di akhirat bagi mereka yang bersaudara karena Allah SWT. Beberapa tips agar persaudaraan terjaga kuat :

  1. Nyatakan bahwa kita adalah bersaudara.
    Dalam hubungan apapun pernyataan itu harus ada, agar masing-masing tahu posisi dan arti penting bagi yang lainnya. Meski tidak perlu saksi dan wali seperti halnya pernikahan, pernyataan bahwa ” aku adalah saudaramu” tetaplah penting bahkan tak jarang hal itu merupakan pondasi awal sebuah persudaraan.
  2. Siapkan diri untuk membantu.
    Ketika kita berkomitmen untuk menjadi saudara maka posisikanlah diri kita menjadi seseorang yang siap membantu ketika saudara kita membutuhkan, bahkan tanpa harus diminta. Seorang saudara sejati akan merasakan apa yang diperlukan bagi saudaranya seperti halnya dia tahu akan kebutuhan dirinya sendiri.
  3. Tanyakan kabar dan berkunjunglah.
    Menanyakan kabar merupakan sebuah bentuk kepedulian kepada saudara kita. Betapa bahagianya ketika seseorang diperhatikan oleh saudaranya, ketidakhadirannya dalam kebiasaannya menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui. Sesekali berkunjunglah ke rumahnya agar hubungan tetap terjalin kuat. Barang siapa yang mengunjungi saudaranya dengan tulus ikhlas karena Allah SWt maka akan mendapat balasan yang banyak. Berkunjunglah di saat kita tidak membutuhkan bantuan atau meminjam sesuatu. Berkunjunglah karena memang karena ikhlas. Ini akan menjadi sesuatu yang berharga.
  4. Hormati privasinya.
    Bagaimanapun kita, sedekat apapun kita, tetap saja ada area privasi yang harus kita hormati. Kita harus pandai-pandai menghargainya. Jangan sampai kita seenaknya bertindak sehingga tidak terasa melanggar privasinya. Sekecil apapun area privasi itu hargailah. Semisal saudara kita mempunyai surat pribadi yang rahasia, maka tanpa seijinnya jangan membaca, atau masuk kamarnya tanpa ijin. Apalagi ketika dia sudah beristri (atau bersuami). Secara otomatis area privasi semakin besar karena disana tergabung area privasi istri (atau suaminya)
  5. Hormati keluarganya.
    Tidak hanya saudara yang perlu kita hormati, keluarganya juga perlu kita hormati karena pada prakteknya justru persudaraan baik atau tidak dapat dilihat dari sikap kita kepada keluarganya.
  6. Saling mendoakan bagi yang lainnya.
    “Doa seorang muslim bagi saudaranya tanpa diketahui (oleh saudaranya) itu akan dikabulkan.”
  7. Yang terakhir dan tak kalah penting adalah selalu berusaha dan selalu ikhlas menjalaninya.

Nah semoga kita senantiasa bisa menjaga persaudaraan yang telah Allah jalinkan antara kita dengan saudara kita. Insya Allah ketika tujuan kita hanya untuk mengharapkan Ridho-Nya, saling mencintai karena-Nya maka akan termasuk dalam salah satu golongan yang akan mendapat naungan nanti di hari kiamat dimana tidak ada naungan selain naungan Allah.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s