MITOS – MITOS KONVENSIONAL

Tentu kita tidak asing dengan adanya larangan-larangan tertentu dalam masyarakat kita. Misalkan ” tidak boleh menanam ini-itu nanti celaka ” atau “tidak boleh berbaju hijau kalau pergi ke pantai selatan” dan masih banyak lagi. Hal demikian yang bisa dikatakan sebagai mitos ternyata masih dipercayai oleh sebagian besar masyarakat kita.

Nah dalam tulisan kali ini akan coba saya rangkumkan beberapa mitos yang masih beredar di masyarakat. Tulisan ini bukan diniatkan untuk mempengaruhi kepercayaan anda. Tulisan ini hanya sekedar menuliskan beberapa mitos yang ada di sekitar kita. Bagaimana kawan-kawan menanggapi isi tulisan ini tergantung pribadi masing-masing.

Ini dia mitos-mitos yang berhasil saya kumpulkan :

mitos1:orang bilang jika telinga kita panas berarti ada orang lain yang sedang membicarakan kita.kalau yang panas telinga kiri berarti dibicarakan kebaikan kita.kalau yang panas telinga kanan berarti sedang dibicarakan keburukan kita.

mitos2:orang bilang jika kita menduduki bantal yang buat tidur maka akan bisulan

mitos3:orang bilang jika remaja putri bermimpi dikejar atau digigit ular maka sebentar lagi dia akan dilamar oleh seseorang.

mitos4:orang bilang jika mata kita berdenyut ( basa jawa:kedutan) berarti kita sedang dirindukan oleh seseorang

mitos5:orang bilang jika pada kuku jari manis tangan kanan kita ada tanda putih berarti kita sedang disukai oleh orang (sesuai jumlah tanda putih dan besar kecilnya)

mitos6:orang bilang jika bulu mata kita lepas beberapa helai berarti kita sedang dinanti-nantikan kehadirannya oleh saudara-saudara kita.

mitos7:orang bilang jika seorang remaja putri memasak sayur terlalu asin tandanya dia sudah minta dinikahkan.

mitos8:orang bilang jika orang yang banyak memikirkan seseorang yang disukainya maka akan muncul jerawat di wajahnya. (tidak masuk dalam kategori orang yang kurang teraturnya membersihkan muka atau muka yang memang penuh jerawat)

mitos9:orang bilang jika ada burung gagak yang terbang sambil berkaok-kaok berarti ada orang yang meninggal

mitos10:orang bilang jika bengong bisa bikin ayam tetangga mati atau mudah kesambet

mitos11:orang bilang jika orang yang sedang hamil tidak boleh makan cabe dan tidak boleh minum es

Dan masih banyak lagi yang mungkin belum penulis ketahui. Dan dari sekian banyak mitos tersebut perlu kiranya kita klarifikasi, perlu kita cari asal muasalnya yang mana tujuannya adalah agar dapat memahami dengan benar. Tidak serta merta percaya dan atau serta merta menyalahkan orang yang masih mempercayainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s