Siapa-HATER vs Siapa-LOVER

Hater dan Lover. Tentu kita tidak asing lagi mendengar kosakata tersebut. Dan sebagian kita sudah paham mengenai apa yang dimaksud dengan kedua hal tersebut. Ditambah pula sudah tahu mengenai perbedaan keduanya. Hater berasal dari kata Hate yang ditambahi -er yang dalam struktur bahasa Inggris berubah menjadi pelaku. Hate yang berarti benci maka Hater diterjemahkan sebagai pembenci. Demikian pula Lover. Berasal dari kata Love yang berarti cinta maka Lover diterjemahkan sebagai pencinta.

Tentu kita pernah mendengar di jejaring sosial adanya semisal PKS-lover dan PKS-hater. Atau mengenai seseorang ada yang namanya Jokowi-lover dan Jokowi-hater. Dan setiap golongan tersebut memiliki kecenderungan yang berbeda. Mari coba kita bicara tentang hal ini. Agar tulisan ini tidak dianggap tendensius terhadap partai atau person tertentu maka ijinkan saya menggunakan kata pengganti yaitu siapa-lover dan siapa-hater. Dengan kata siapa bisa diganti dengan sebuah nama, bisa partai, artis, perseorangan atau siapapun.

Ketika kita bicara tentang siapa-lover maka kita sedang berbicara mengenai sekelompok orang yang cinta banget sama seseorang atau organisasi tertentu. Siapa-lover akan selalu melihat ‘siapa’ itu adalah sesuatu yang perfect, tidak ada cela sama sekali. Jangankan kebaikan yang dilakukan, keburukan yang ada pun masih bisa dibela dengan melihat sisi baiknya dari sudut pandang lain. Dan tak jarang sudut pandang yang digunakan termasuk absurd (tidak masuk akal) bagi kebanyakan orang. Intinya bagi siapa-lover akan selalu membela idolanya apapun yang dilakukan, entah itu baik ataupun buruk.

Sementara berbeda halnya dengan siapa-hater. Siapa-hater akan senantiasa melihat ‘siapa’ itu adalah sesuatu yang salah, penuh dengan keburukan. Jangan keburukan yang dilakukan, kebaikan yang ada masih saja dianggap salah. Apalagi sampai melakukan kesalahan. Itu adalah tema yang sangat menggembirakan bagi siapa-hater. Karena layaknya hater maka mereka akan senantiasa mencari-cari kesalahan apapun, se-kecil apapu terhadap ‘siapa’ itu. Intinya siapa-hater bekerja dan beraktivitas untuk mencari kesalahan dan keburukan ‘siapa’ itu.

Memang ketika kita berbicara mengenai seseorang atau sesuatu maka tak lepas dari yang namanya penilaian. Penilaian yang baik akan memunculkan kecintaan, sementara penilaian yang buruk akan memunculkan kebencian. Dan setiap kita juga sadar bahwa tak mungkin bagi kita untuk membuat semua orang suka dan cinta kepada kita, meskipun kita -mungkin- selalu dalam kebenaran. Untuk itu kita perlu kiranya untuk bersikap adil. Artinya kita memposisikan diri sebagai lover yang baik dan juga hater yang baik. Ketika kita melihat kebaikan dari sesuatu yang kita cintai maka tidak menjadikan kita terlalu membangga-banggakannya. Juga ketika kita melihat  kebaikan dari sesuatu yang kita benci maka kita juga harus legowo menerima kenyataan tersebut. Tidak usahlah kita habiskan energi untuk mencari-cari kesalahannya. Ketika kita melihat keburukan sesuatu yang kita cintai maka kita harus berusaha menerima kenyataan tersebut dan tidaklah perlu bertahan dengan pembelaan-pembelaan yang mungkin akan terkesan absurd. Juga ketika melihat keburukan sesuatu yang kita benci tidak menjadikan kita bersenang-senang. Ingatlah bahwa bisa jadi apa yang dilakukannya jauh lebih baik dari kita. Dan kita harus sadar bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa kita lebih buruk dari ‘siapa’ yang kita benci tersebut.

Inti dari tulisan ini adalah mengajak kita semua agar menjadi hater dan lover yang profesional dan bermartabat. Dan ingatlah sebuah perkataan mulia “ Bencilah sesuatu itu sekedarnya saja, bisa jadi suatu saat sesuatu itu akan kamu cintai. Dan cintailah sesuatu itu sekedarnya saja, bisa jadi suatu saat sesuatu itu akan kamu benci. “

2 thoughts on “Siapa-HATER vs Siapa-LOVER

    • Kita selalu berharap semoga yang terbaiklah yang bisa memimpin negeri ini..🙂 Dan semestinya kita berdoa juga agar siapa yang kita usung atau kita harapkan adalah orang yang terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s