TIPS CERDAS MENENTUKAN PILIHAN DI PEMILU 2014

Memilih wakil rakyat merupakan hak setiap warga negara. Tentu bagi yang sudah memiliki hak pilih. Tapi memilih wakil rakyat tidak boleh sembarang pilih. Seperti halnya memilih jodoh, memilih wakil rakyat juga perlu pertimbangan matang. Bibit, Bobot dan Bebetnya mesti jelas. Jangan sampai kita salah pilih dan akhirnya menyesal. Memang sih paling lama 5 tahun menyesalnya, tapi kan bukan waktu yang sebentar. So cerdas-cerdaslah dalam memilih wakil rakyat.

1. Kenali siapa calegnya.

Mengenali caleg menjadi bagian utama dalam rangka memilih wakil rakyat yang tepat. Kenali secara utuh. Mulai dari mana asalnya, track recordnya selama ini, latar belakang agama, latar belakang pendidikan, latar belakang keluarga, karakternya dan kenali hal-hal yang memang perlu. Untuk itu sangat tidak disarankan memilih seseorang yang sama sekali tidak dikenali dari segi manapun. Iya kalau baik, tapi kalau ternyata sebaliknya.

2. Kenali partai pengusungnya.

Selain mengenali caleg secara pribadi, perlu juga kenali partai pengusungnya. Memang ini menjadi prioritas kedua setelah pertimbangan siapa calegnya. Bagaimanapun, platform, visi dan misi partai akan mewarnai caleg yang bersangkutan. Entah seberapa banyak warna yang tergoreskan tersebut. Untuk itu pastikan dahulu bahwa partainya juga baik. Ibaratnya mencari calon pendamping, setelah kenal orangnya, kenali juga keluarganya.

3. Kenali visi dan misinya.

Setiap calon pemimpin wajib memiliki visi dan misi. Dan visi misi inipun bukan sekedar pemanis saat kampanye saja. Lihatlah bagaimana kesehariannya atau track recordnya selama menjabat bagi mereka yang emncalonkan dirinya lagi. Visi dan misi akan menentukan kemana arah perjuangannya dalam rangka menyejahterakan rakyat. Buang jauh-jauh caleg yang tidak punya visi dan misi yang jelas.

4. Yakinkan dengan doa

Setelah menentukan pilihan, maka imbangi dengan doa. Salah satunya dengan sholat istikharah agar ditunjukkan pilihan yang tepat. Boleh jadi kita punya lebih dari satu pilihan dan kita bingung memilihnya. Apalagi kalau beda partai. Atau boleh jadi kita bingung mau memilih caleg ini atau golput saja. Nah untuk memantapkan diri maka perlu diiringi doa agar berkah apapun hasilnya.

5. Pilih dengan doa

Setelah yakin dan mantap akan memilih caleg mana, jangan lupa pula iringi dengan doa saat melakukan pencoblosan. Sekali lagi agar berkah.

6. Terima hasil dengan hati lapang

Setelah kita memberikan hak suara kita maka soal hasil pasrahkan pada Allah. Kalah atau menang mesti kita terima. Tentu saja setelah memastikan tidak ada kecurangan. Doakan bagi yang menang agar bisa membawa Indonesia maju, masyarakatnya makmur sentausa. Syukur bila yang kita pilih yang menang, lebih kita doakan agar bisa amanah. Prinsip kita adalah menang tidak jumawa, kalah tidak ngamuk.

Mari kita gunakan hak pilih kita dengan baik. Jangan golput.

2 thoughts on “TIPS CERDAS MENENTUKAN PILIHAN DI PEMILU 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s