Jalanan Bukan Sirkuit Bung !!!

Terkadang ketika sedang melaju di jalan, tiba-tiba datang motor dari belakang dengan kecepatan yang sanggup melewati kita. Kemudian tanpa kita sadari, entah dapat inspirasi dari mana, kita mencoba untuk melakukan pembalasan yaitu kembali mendahului motor tadi. Dan ketika akhirnya berhasil melakukan pembalasan rasanya sangat lega sekali. “Emang lo aja yang bisa ngebut… “ mungkin demikian bisik hati kita. Tapi ada kalanya motor yang kita balas juga melakukan hal serupa. Membalas kita. Dan ketika kita kalah kadang ada rasa dongkol. Hal semacam ini seakan-akan secara tidak langsung menimbulkan rivalitas sesaat di jalanan. Kita biasanya tidak kenal dengan pengendara lain, tetapi soal kesepakatan untuk balapan kiranya sering muncul terjadi. Ingin membuktikan siapa yang paling cepat di jalanan. Apalagi bagi mereka yang tergolong masih muda dimana jiwanya masih mudah terpancing emosi, sehingga nekat mengambil resiko serta rasa ingin dianggap paling hebat.

Mengebut di jalanan tentu bukanlah hal yang tanpa resiko. Justru resiko itu sangat besar. Dapat mengancam keselamatan jiwa pengendara dan keselamatan pengendara lain atau pengguna jalan yang lain. Tetapi agaknya hal ini kadang terlupa. Ketika emosi kita terpancing, sebagian kita akan menuruti emosi tadi untuk tidak mau mengalah. Jadilah aksi kebut-kebutan di jalanan. Kita sebagai pengendara yang santun tentu saja merasa was-was dengan hal tersebut. Was-was kalau-kalau kita akan kena dampaknya. Juga was-was jangan-jangan akan terjadi kecelakaan. Padahal dengan jarak tempuh yang tidak seberapa, mengebut tidak akan memperpendek waktu tempuh secara signifikan. Misalkan jarak rumah-kantor hanya sekitar 20 km. Dengan kecepatan sedang bisa ditempuh dengan 20 menit, dengan mengebut bisa hanya 15 menit. HANYA menghemat 5 menit. Tentu ini tidak sebanding dengan resiko yang dihadapi ketika kita mengebut.

Ini jalanan, bukan sirkuit Bung ! Ketika kita berkendara di jalan umum maka sebenarnya kita berbagi dalam menggunakan fasilitas umum. Kita juga berbagi rasa aman dan nyaman. Aman bagi kita, aman bagi orang lain. Nyaman bagi kita, nyaman bagi orang lain. Berkendara dengan santun akan lebih menjamin keselamatan kita. Juga pengguna jalan lain akan merasa lebih tenang. Jika mau beradu cepat, ingin menunjukkan siapa yang paling hebat dalam berkendara, ajak saja ke sirkuit. Tempat yang khusus untuk beradu cepat alias balapan. Atau bisa juga ikut ajang balapan profesional. Selain hobi tersalurkan juga bisa menjadi mata pencaharian. Jalanan bukan tempat yang tepat untuk adu balap. Memangnya jalanan milik bapakmu. Kita memang punya hak untuk melewati jalan umum, tapi kita juga punya kewajiban menjaga keselamatan dan keamanan. So tidak perlu mengebut di jalanan, juga tidak perlu kebut-kebutan beradu balap. Salam safety riding.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s