Catatan BIMTEK : Hari Pertama, Ramah Tamah

Terhitung 22 April 2014 , insya Allah, sampai 02 Mei 2014 saya mengikuti BIMTEK Curriculum Design And Development (CDD) bertempat di Hotel Sahid Rich Jogja yang beralamat di jalan Magelang Km.6, Sleman, Yogyakarta. Bagi yang sudah paham daerah Yogyakarta, maka Hotel ini tepat di samping MMTC dan hypermart. Area Jombor. Jadi tidak susah untuk mencarinya. Di Hotel berbintang 4 ini saya akan diajari oleh para instruktur yang telah berkesempatan belajar tentang kurikulum pelatihan di Singapura. Secara tidak langsung acara ini menjadi semacam acara gethok tular (tukar ilmu) antara mereka yang telah belajar dari negeri seberang kepada kami yang merupakan instruktur daerah yang mana akses untuk dikirim ngangsu kawruh ke luar negeri relatif kecil.

Dan kebetulan acaranya di Yogyakarta dan pas pula lokasi tidak jauh dari tempat tinggal. So rencananya tiap hari mau pp rumah-hotel. Lho bukannya lebih nyaman di hotel? Emang sih kalau dari segi kemewahan memang jauh dibandingkan dengan rumah. Dari segi kualitas perabot sampai pelayanan hotel tentu sangat bagus. Tapi ada hal yang tidak ada di hotel bintang 4 yaitu gayung air dan ember di kamar mandi.. hehehe… Dari hal ini saya belajar bahwa kenyamanan itu tidak melulu soal kualitas barang yang kita gunakan, tetapi lebih kepada kenyamanan hati. Tentu tidak dipungkiri bahwa sebagian besar kita akan lebih merasa nyaman tinggal di rumah dibandingkan di hotel tatkala sedang bepergian. Seada-adanya kondisi rumah kita, pasti akan lebih nyaman karena di sana ada orang-orang yang kita sayangi yang akan memberikan rasa nyaman terbaik dalam hidup. Jadi perlu dipertanyakan bagi mereka yang lebih merasa nyaman tidur/ tinggal di luar rumah, pasti ada sesuatu yang perlu dibenahi di dalam rumah.

Kembali kepada membahas inti judul di atas yaitu catatan bimtek, maka saya tuliskan bahwa agenda pertama adalah ramah tamah.. Secara ini kan pertemuan pertama, tentu saja perlu saling mengenal antara satu dengan yang lainnya. Acara ini sedianya akan dihadiri oleh 30 peserta, tetapi sampai tadi pembukaan 28 orang sudah hadir dan dua orang dalam konfirmasi (masih di perjalanan). Inti acara ini adalah bagaimana instruktur bisa mengembangkan kurikulum sehingga output pelatihan adalah tenaga kerja yang kompeten untuk mengisi lapangan pekerjaan. Perlu dicatat bahwa banyaknya pengangguran bukan semata-mata minimnya lapangan pekerjaan, melainkan tenaga kerja yang ada tidak memenuhi kualifikasi untuk menempati sebuah jabatan pekerjaan. Walhasil, lulusan sekolah semakin meningkat tetapi dari segi kemampuannya belum memadai untuk terjun di bidang pekerjaan. Nah tugas instruktur-lah untuk membekali para calon tenaga kerja tersebut dengan ilmu yang mumpuni. Ilmu yang baik akan dapat diterapkan jika mempunyai sistem yang tepat, sebuah metode yang memang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan kerja.

Oleh karena itu, saya pun akan berusaha semaksimal mungkin menyerap apa yang disampaikan narasumber untuk kemudian bisa saya aplikasikan di tempat kerja. Mohon doa dan dukungan teman-teman pembaca sekalian. Kiranya cukup sekian saja catatan di hari pertama ini. Mohon maaf jika judul dan isinya kurang relevan. Ini hanya sebagai cara mengisi waktu dengan berbagai sembari menunggu download update software sony experia e dual saya. Ternyata lama juga downloadnya. Semoga membawa berkah. Insya Allah ada laporan selanjutnya dari kegiatan bimtek ini, tentunya dengan muatan moral yang berbeda, tergantung situasi dan kondisi. Hehehehe… Wassalam dan selamat malam.. #Tumben_posting_malam_malam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s