Apalah Arti Memberi Sebuah Nama…

Hadirnya buah hati tentu menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua. Apalagi bagi mereka yang tlah menunggu begitu lama, tentu merupakan suatu kebahagiaan yang berlipat-lipat tatkala Allah mengkaruniakan amanah berupa anak. Menyambut kehadiran sang buah hati, para orangtua biasanya telah mempersiapkan segalanya semenjak belum lahir. Mulai dari keperluan bayi sampai hal yang paling pokok yaitu memberikan nama. Bahkan saking pentingnya nama, para orangtua berusaha sedapat mungkin memberikan nama yang terbaik. Mulai dari minta pendapat orang sekitar, kyai, ustadz atau dengan mencari di kamus nama-nama indah.

Sebagai orangtua, salah satu kewajiban pertama ketika bayi lahir adalah memberikan nama. Memberi nama bukanlah suatu hal gampang, namun juga tidak perlu dipersulit. Berikanlah nama yang baik dan panggilan yang baik. Karena nama juga berarti doa atau harapan. Dengan memberikan nama yang baik, harapannya anak tersebut akan menjadi anak yang baik sesuai makna yang terkandung di dalamnya.

Namun memberi nama saja tidak cukup. Memberi nama yang baik hanya merupakan langkah awal, selanjutnya orangtua wajib mendidik anak dengan baik sehingga nantinya nama yang baik itu juga akan menjelma menjadi pribadi yang baik juga. Apalah arti memberi sebuah nama jika akhirnya tidak ada upaya merealisasikanya.

Mari para orang tua, ketika kita dengan senang hati merangkai kata-kata indah sehingga menjadi sebuah nama yang baik maka begitu pula kita mendidiknya. Lakukan dengan senang hati, disertai kesabaran dan kesungguhan, insya Allah nantinya anak-anak akan menjadi penyejuk mata baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s