Dan bahkan sebelum kita terlahir, takdir itu sudah tertulis.

Segala sesuatu itu sudah tertulis. Sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah untukmu pasti akan engkau dapatkan. Pun sesuatu yang Allah tetapkan bukan untukmu pasti juga tidak akan engkau dapatkan bagaimanapun engkau berusaha sekuat tenaga. Allah sudah merancang apa yang terbaik bagi kita. Apapun itu, entah itu menyenangkan atau justru sebaliknya hal yang membuat kita berdarah-darah. Memang kita sebagai manusia tiada mengetahui sedikitpun tentang apa yang tertulis dalam buku takdir kita. Untuk itulah kita mengupayakan suatu usaha. Kita mesti berusaha yang terbaik untuk kehidupan kita. Tentu saja terbaik menurut kita. Kita upayakan sebisa mungkin sebagai usaha kita sebagai manusia.

Nah soal hasilnya serahkan kepada Allah. Karena Allah tahu apa yang terbaik bagi kita. Ingat…, bisa jadi sesuatu itu baik menurut pandangan kita, tetapi ternyata dalam Ilmu Allah sesuatu yang kita pandang baik itu ternyata dapat menghancurkan kita. Maka karena kasih sayang Allah, kita dihindarkan dari hal tersebut. Lalu Allah ganti dengan yang lebih baik bagi kehidupan kita.

Memang perlu kita akui bahwa tidak mudah menerima sesuatu yang berbeda dari apa yang kita inginkan. Perlu kekuatan iman untuk bisa memahaminya, untuk bisa menerimanya dengan ikhlas dan mengambil hikmah, rahasia dan pelajaran dibalik hal tersebut. Sedih, kecewa, mungkin marah, itu hal yang wajar dalam hal kita sebagai manusia. Kitapun sesekali membutuhkan perasaan-perasaan itu. Kita butuh sedih agar kita mensyukuri kebahagiaan. Kita perlu kecewa agar kita berusaha untuk lebih baik. Tetapi yang perlu engkau ingat bahwa seberapapun sedihnya dirimu, sebetapapun kecewanya dirimu, jangan pernah tinggalkan Allah. Justru karena hal-hal itulah engaku seharusnya lebih mendekat kepada-Nya.

Ketika engkau bersedih, mohonlah pertolongan Allah. Ketika engkau kecewa, mohonlah kekuatan kepada Allah. Ketika engkau marah, ingatlah selalu Allah. Allah adalah tempat kita bergantung, Allah adalah tempat kita meminta. Berdoalah kepada Allah. Karena Allah menjamin bahwa “barangsiapa berdoa kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan.” Mungkin sebagian kita malu meminta kepada Allah. Kenapa mesti malu mengadukan segala keluh kesahmu. Mengapa mesti berat untuk mengakui segala kelemahan diri. Memang Allah Maha Tahu apa yang ada dalam hati kita. Bahkan apa yang masih terbetik dalam hati. Dan Allah-pun tahu apa yang kita inginkan. Tapi marilah kita sadari bahwa Allah sayang kepada hamba yang memohon pertolongan-Nya. Allah senang kepada hamba yang mengingat-Nya. Tidakkah kita akan bahagia jika Allah sayang kepada kita? Tidakkah kita senang jika Allah sayang kepada kita?

Kembali kepada bahwa semua yang terjadi kepada kita adalah takdir Allah, dan takdir Allah adalah yang terbaik bagi kita. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berusaha, selebihnya hak Allah untuk memberikan sekehendak-Nya. Syukurilah jika memang apa yang Allah berikan sesuai keinginan kita teriring doa agar senantiasa berlimpah berkah di dalamnya. Pun terimalah dengan ikhlas jika apa yang diberikan Allah bukanlah seperti apa yang kita minta teriring doa agar diberikan ganti yang lebih baik dan lebih berkah. Jangan lupa untuk senantiasa meminta keberkahan dalam segala hal. Karena dengan keberkahan maka hidup kita akan bahagia. Jika ada orang yang akan mendoakan kita mintalah mendoakan untuk keberkahan. Barakallah. Pun ketika kita mendoakan orang lain maka ucapan Barakallah sudah mencukupinya.

Dan akhirnya saya berharap bahwa kini engkau sudah menemukan setitik cahaya. Yang akan menuntunmu menuju sumber cahaya. Yang akan mengantarkanmu kepada kebahagiaan dan keberkahan dalam hidup. Saudaraku ingatlah Allah di setiap saat, hingga Allah-pun akan mengingatmu dalam segala keadaanmu. Mari kita senantiasa berdoa agar kita diangkat derajatnya oleh Allah. Semoga Allah meringankan kita dalam setiap tahap ujian kehidupan dan lulus dengan hasil yang memuaskan yaitu hamba yang beriman. Saudaraku inilah nasehatku kepadamu. Barakallah…🙂

*nasehat seorang sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s