Gampangnya Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor di SAMSAT (Sleman)

Kamis 18 September 2014 saya membayar pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Sleman. Kebetulan kuliah masuk sehabis dhuhur. Jadi ada waktu setidaknya 4 jam untuk mengurus perpanjangan pajak kendaraan bermotor. Awalnya saya merasa malas untuk secara langsung mengurus sendiri pajak tersebut. Selain karena ada tugas kuliah yang belum kelar, belum lagi tugas lain yang mesti selesai Jumat besoknya, juga karena sudah terbayang betapa susahnya mengurus sendiri, betapa padatnya orang di kantor SAMSAT dan lain-lain. Tetapi karena dorongan (paksaan? ) dari bundanya Aisha walhasil pagi itu saya tekadkan untuk mengurus sendiri perpanjangan pajak tahunan. Dan ternyata…. Tak sesulit yang dibayangkan. So Simple…

Pagi itu 07.50 sampai di kantor SAMSAT lengkap dengan membawa fotokopi KTP, BPKB dan STNK. Tentu saja yang asli juga dibawa. Langsung mendaftar di loket pendaftaran mendapat urutan 045. Sepagi itu sudah dapat antrian sebanyak itu. Berarti yang lain lebih pagi datangnya. Nah jadi pembelajaran buat pajak tahun depan untuk datang lebih pagi. Di loket ini tinggal serahkan semua berkas baik fotokopi maupun aslinya. Jangan khawatir nanti bakal kembali lagi kok. Yang langsung dikembalikan di loket itu juga adalah BPKB. Sementara KTP dan STNK ikut proses selanjutnya. Ada yang kurang sebenarnya, bapak polisinya tidak ramah, cenderung cuek. Mungkin memang sifatnya atau belum mendapat pelajaran pelayanan prima kali ya.. hehehe.

Tahap selanjutnya menunggu dipanggil untuk membayar di loket bank ( loket 4 ). Jam 08.25 Panggilan itupun datang. Tinggal bayar lalu tunggu panggilan selanjutnya yaitu di loket penyerahan STNK. Ada baiknya bayar dengan uang pas biar lebih cepat. Tapi kalaupun tidak juga nanti bakal diberi kembalian kok.

Tepat 26 menit kemudian panggilan dari loket penyerahan STNK terdengar. Dah langsung saja saya ambil. Cek dokumen: STNK lama, STNK baru dan KTP. Sip lengkap sudah. Saatnya cabut. Di depan pintu sudah berjejer penjual plastik STNK. Beli satu seharga 1000 rupiah. Alhamdulillah STNK sudah diperpanjang pajaknya. Tak perlu waktu sampai berjam-jam. Satu jam saja BISA. Artinya masih dua kali dari waktu ideal yang dicanangkan pihak SAMSAT yaitu pelayanan pajak tahunan 30 menit. Tapi itu sudah jauh lebih bagus. Lima tahun yang lalu saya butuh waktu hampir 4 kali lipatnya untuk melakukan hal yang sama. Artinya ada peningkatan yang cukup signifikan dalam pelayanan masyarakat. Cuma ya…itu saja, pelayanan primanya ditingkatkan lagi.

Secara simpelnya alur perpanjangan pajak tahunan STNK adalah
Loket Pendaftaran => tunggu => Loket Pembayaran => tunggu => Loket Penyerahan STNK.

Nah gampang kan? Yuk kita semangat untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu dan lakukan sendiri. Hindari calo, kecuali terpaksa misal tidak ada KTP atau syarat yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s