Menuju Keunggulan Bersaing (Competitive Advantages)

Memiliki sebuah usaha atau bahkan perusahaan merupakan impian dan cita-cita sebagian kita. Ketika kebebasan finansial itu membuat kita lebih bisa beraktifitas dengan lebih leluasa. Kita tidak terikat oleh aturan kaku terutama waktu dikarenakan harus senantiasa beraktifitas di kantor. Memiliki sebuah usaha berarti perlu sebuah strategi agar produk yang kita buat memiliki keunggulan dibandingkan produk-produk lain sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Ada empat hal/unsur yang bisa menjadi pendukung Keunggulan Bersaing yaitu

  1. Value (nilai)

Produk yang kita buat harus memiliki nilai. Artinya diperlukan oleh masyarakat. Jangan sampai membuat produk tetapi tidak berguna atau tidak dibutuhkan oleh masyarakat.

  1. Rare ( jarang/langka )

Semakin langka produk yang kita buat maka nilai strategis barang tersebut semakin tinggi. Artinya semakin banyak orang yang mencari sementara tidak banyak pesaing yang membuat produk serupa maka membuat produk kita memiliki keunggulan.

  1. Costly imitate (mahal untuk ditiru)

Memiliki produk yang bagus tentu saja akan mengundang pihak lain untuk meniru produk yang kita buat. Hal ini bisa menjadi kerugian bagi kita karena secara langsung menjadi kompetitor yang dapat merebut pasar kita. Akan tetapi ketika produk tersebut memerlukan biaya yang lebih mahal untuk ditiru maka setidaknya kita masih unggul dalam hal biaya produksi. Dan karena hal ini (biaya mahal) maka bisa jadi kompetitor akan berpikir ulang untuk membuat produk tiruan.

  1. No Subtitute ( tidak tergantikan)

Suatu produk juga memiliki keunggulan ketika produk tersebut tidak memiliki pengganti atau kalaupun ada pengganti harganya relatif lebih tinggi. Membuat produk yang tak tergantikan menjadikan produk kita memiliki nilai lebih.

Dengan memahami hal-hal yang menjadikan produk kita unggul maka kita dapat menentukan unsur mana yang akan lebih kita tonjolkan ketika unsur-unsur yang lain sama kualitasnya dengan kompetitor. Sebagai contoh, ketika produk yang kita buat ditiru oleh pihak lain, kita masih punya keunggulan dengan biaya produksi yang lebih rendah daripada kompetitor sehingga keuntungan relatif lebih besar jika harga produk kita dibuat sama dengan kompetitor atau kita bisa menjual dengan harga yang lebih rendah dari kompetitor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s