Satu Celupan Yang Membuat Lupa Dunia

Kelak pada hari kiamat Allah akan memanggil dua orang dari hamba-hamba-Nya yang mewakili dua tempat kembali yang berbeda. Satu orang adalah ahli neraka dan seorang lagi ahli surga. Pertama-tama dipanggillah ahli neraka. Seseorang yang bergelimang harta dan kemewahan ketika di dunia. Sungguh banyak nikmat Allah yang dimilikinya. Tiada rasanya kesusahan dan kesedihan menghampiri sepanjang hidupnya. Namun pada akhirnya dia justru menjadi ahli neraka. Lalu dicelupkanlah ia ke dalam neraka barang sesaat. Lalu kembalilah dihadapkan kepada Sang Pencipta.

Lalu Allah SWT bertanya, “ wahai hamba-Ku apakah engkau pernah merasakan nikmat sebelum ini? “ Lalu iapun menjawab “ Belum pernah ya Allah.. Hamba sama sekali belum pernah merasakan apa itu kenikmatan hidup.”

Kemudian didatangkanlah hamba kedua. Seseorang yang semasa hidupnya penuh dengan kesengsaraan. Jalan hidupnya terlalu nestapa untuk dikenang. Rasanya dapat dihitung dengan jari saat-saat dimana dia merasakan secuil kebahagiaan. Hidupnya dihabiskannya dalam suasana penuh derita. Namun rupanya di akhirat ia menjadi ahli surga. Lalu dicelupkanlah ia ke dalam surga barang sesaat. Lalu kembalilah dihadapkan kepada Sang Pencipta.

Lalu Allah SWT bertanya, “ wahai hamba-Ku apakah engkau pernah merasakan penderitaan sebelum ini?“ Lalu iapun menjawab “ Belum pernah ya Allah.. Hamba sama sekali belum pernah merasakan apa itu kesengsaraan dan penderitaan dalam hidup hamba.”

Lihatlah. Betapa siksa neraka walau sekejap mata telah membuat orang-orang yang dimasukkan ke dalamnya mengalami penderitaan yang sangat. Saking menderitanya seakan-akan tiada belum pernah sekalipun ia merasakan kebahagiaan dalam hidup. Padahal ketika hidup di dunia, gelimang harta, rumah dan kendaraan. Jabatan nan tinggi, pelayanan terbaik dari para pembantu-pembantunya. Namun semua itu tiada diingat lagi gegara satu celupan sesaat di neraka.

Lalu Lihatlah. Betapa nikmat surga dan keindahannya membuat sesiapa yang dimasukkan ke dalamnya merasakan kebahagiaan dan keberuntungan yang sangat. Seoalh-olah tiada pernah sekalipun ia merasakan penderitaan. Serba kekurangan, kelaparan dan kesulitan semasa hidupnya seakan tiada pernah terjadi. Dan itu semua karena surga.

Maka marilah kita renungkan bersama. Berbagai nikmat yang Allah berikan kepada kita apakah jusru akan menjadikan kita jauh dari-Nya? Apakah segala nikmat itu akan menjadi sebab terlemparnya kita ke neraka? Na’udzubillah mindzalik. Sudah semestinya kelapangan harta dan nikmat-nikmat yang banyak itu akan membawa kita kepada surga. Jangan sampai kenikmatan yang kita rasakan di dunia ini hanya sampai berakhirnya usia kita.

Demikian pula bila kondisi sebaliknya yang kita alami. Apakah penderitaan, kesusahan yang dialami akan mampu membuat kita masuk ke surga atau malah mengantar kepada neraka? Bukankah penderitaan itu tak lagi terasa bilamana nikmat di akhirnya. Jangan sampai di dunia sengsara, di akhirat neraka. Na’udzubillah mindzalik.

Marilah kita senantiasa berdoa agar bagaimanapun keadaan kita, kita senantiasa mengingat Allah, semakin bertambah dekat dengan-Nya dan di akhirat nanti beroleh rahmat-Nya dan ditempatkan-Nya di surga. Aamiin.

===========================================================================

Rujukan Hadits-Rasulullah SAW. bersabda:
“Pada Hari Kiamat, didatangkanlah penghuni neraka yang paling nikmat kehidupannya di dunia, lalu ia dicelupkan SEJENAK ke dalam neraka, kemudian ia ditanya, ‘Pernahkan kamu merasakan kenikmatan meski hanya sedikit?’ Ia menjawab, ‘TIDAK PERNAH, ya Rabb’ Lalu didatangkan pula penghuni surga yang (dahulu) paling sengsara di dunia, lalu ia dicelupkan SEJENAK ke dalam surga, kemudian ditanya, ‘Pernahkan kamu merasakan kesengsaraan meski hanya sedikit?’ Ia menjawab, ‘TIDAK PERNAH, ya Rabb’ … (H.R. Muslim, Shahih Muslim)

 

One thought on “Satu Celupan Yang Membuat Lupa Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s