Tips Memilih Tempat Duduk di Kereta Api Ekonomi

Bepergian darat jarak jauh menggunakan kereta api memang sebuah pilihan yang tepat. Apalagi bagi yang ingin berhemat (uang pas-pasan), maka layanan kereta api ekonomi menjadi solusi. Tinggal duduk, nikmati perjalanan dan sampai tujuan. Hal ini juga meminimalkan resiko kelekahan akibat mengemudi jika menggunakan mobil pribadi.
Berdasarkan pengalaman, pemilihan tempat duduk turut serta mempengaruhi kenyamanan. Jika kita masih bisa memilih (eciee… *nyanyi) tempat duduk maka beberapa tips yang bisa diamalkan antara lain:

  1. Pilihlah gerbong yang tengah ( gerbong 4-6) agar ketika kita akan naik kereta, tidak perlu berjalan jauh menuju gerbong yang dituju (hemat energi). Biasanya ketika akan naik kereta api, kita sudah diposisikan untuk sesuai dengan gerbong yang kita naiki, sementara pintu masuk/ keluar penumpang di stasiun biasanya tepat di depan gerbong tengah kereta api.
  2. Untuk tempat duduk pilihlah yang berada di tengah sehingga jauh dari toilet dan pintu keluar masuk dimana biasanya lalu lalang penumpang paling banyak di kedua area tersebut.
  3. Untuk yang membawa keluarga sebaiknya memilih tempat duduk yang berdekatan, kalau bisa mengumpul jadi satu lokasi sehingga akan lebih tenang. Untuk kelas ekonomi biasanya kursi berhadap-hadapan. Kursi 1 -2, 3-4, 5-6, 7-8, 9-10, 11-12, 13-14, 15-16, 17-18, 19-20, 21-22, 23-24. Maka jika anggota keluarga ada 4 pilihlah kursi 15 DE dan 16 DE yang berhadap-hadapan. Jika anggota keluarga ada 6 pilihlah kursi 15 ABC dan 16 ABC yang berhadap-hadapan.

Demikian tips memilih tempat duduk di kereta api ekonomi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s