Wisuda ya Wis-Sudah… (bagian 1)

wisuda_1

Selasa 19 April 2016 menjadi salah satu  momen penting dalam hidupku. Yup hari itu adalah hari dimana saya mengikuti prosesi wisuda untuk kedua kalinya di Universitas Gadjah Mada. Terbentang jarak yang cukup lama antara prosesi wisuda pertama dengan yang kedua ini, tepatnya delapan tahun dua bulan. Boleh dikatakan, prosesi wisuda merupakan sebuah titik penting dari perjuangan menuntut ilmu. Jika dilihat dalam rentang masa kuliah bisa dibilang wisuda dalah puncaknya, ketika kita dinyatakan paripurna dalam menempuh jenjang pendidikan. Tentu saja jika dilihat dari rentang masa hidup, wisuda hanyalah sebagian titik penting yang tidak boleh menjadi puncak perjuangan karena setelah wisuda perjuangan selanjutnya perlu dihadapi.

Wisuda merupakan sebuah momen dimana segala jerih payah kita selama ini terbayar lunas. Wisuda merupakan saat dimana kita mengajak segenap keluarga untuk ikut berbahagia. Mereka yang selama ini menjadi tempat keluh kesah kita, marah kita, ketidaksabaran kita selama mengerjakan skripsi atau tesis perlu kita bahagiakan, perlu kita persembahkan keberhasilan ini kepada mereka. Karena sejatinya keberhasilan ini adalah karena dukungan mereka, kesabaran mereka menghadapi emosi-emosi kita, kepedulian mereka untuk memahami segala keruwetan dalam menyusun tugas di akhir kuliah ini dan doa-doa mereka yang mungkin kita tidak pernah tahu.

Momen wisuda adalah saat yang tepat untuk mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada mereka yang telah berjasa kepada kita. Ada tiga kalangan yang perlu mendapat ucapan terimakasih kita yaitu kalangan akademik (dosen dan segenap civitas akademika), keluarga dan teman. Dan pada kesempatan kali ini izinkan saya mengucapkan terimakasih kepada mereka yang telah berjasa sehingga saya berkesempatan mencicipi prosesi wisuda kedua ini.

Terimakasih kepada Bapak Hanung Adi Nugroho, ST, M.E, Ph.D selaku pembimbing utama dan Bapak DR. Ridi Ferdiana, S.T., M.T. selaku pembimbing pendamping yang mana beliau berdua telah bersedia membimbing dan mengajarkan ilmu ( beneran.. bukan cuma sekedar basa-basi pengantar tesis😀 ). Yang telah bersedia menjadi tempat meminta pertimbangan atau konsultasi bahkan di hari libur, via email pula. Yang telah berkenan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Terimakasih kepada beliau berdua..

Juga tak kalah pentingnya ucapan terimakasih kepada para dosen yang telah memberikan wawasannya, membuka mata dan pikiran bahwa ilmu itu luas, dunia itu tak selebar selokan mataram dan memberikan inspirasi serta memunculkan potensi yang terpendam. Intinya jadi lebih waow setelah mendapat siraman dari dosen-dosen. Ada pak Wing Wahyu Winarno ( yang selalu saya tunggu opininya di KR jauh sebelum sempat menjadi mahasiswanya, bahkan sempat berharap diuji oleh beliau, lalu bisa minta foto di sesi akhir😀 ), ada pak Lukito ( yang tugas Layanan Elektronisnya jadi menginspirasi saya), ada Romo Insap ( yang dari beliau saya belajar metodologi riset dan smartPLS, sayangnya saya tidak sempat berkonsultasi dengan beliau, message di Fb gak dibalas sih..😀 ), ada pak Widyawan yang saya belum maksimal dengan materi Audit dan Keamanan Sistem Komputer dan Jaringannya, ada bu Wahyuni yang disegani seluruh kelas, ada bu Silmi yang akhirnya jadi dosen penguji saya dan pertanyaannya sangat membantu. Ada juga pak Eko Nugroho yang dari beliau saya belajar untuk menjawab segala masalah dengan efektif dan efisien, semakin pendek jawaban semakin bagus..😀.  Juga dosen-dosen yang lain yang telah menginspirasi saya.

Selain itu staf pengelola akademik yang telah dengan sabar membantu dalam mengurusi persyaratan-persyaratan, terkadang ada komplain juga, caci maki ( di belakang tapi..😀 ). Semoga secara otomatis terhapuskan kesalahan kita sebagaimana terhapusnya akun internet gratis setelah KTM diserahkan kembali..😀

Bersambung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s