Siapa Shofmate-mu?

Siapa shofmate-mu? krik krik krik…

Shofmate apaan sih? Haaaa.. istilah ini tiba-tiba muncul di benak saya sesaat hendak sholat subuh tadi. Entah benar atau tidak perpaduan katanya, tapi ya biarlah. Jadi gini ceritanya. Entah bagaimana caranya (yang pasti takdir Allah yang berperan) hampir setiap sholat di masjid depan rumah, sering banget bersebelehan dengan seseorang yang sama. Bahkan entah saya yang masbuq atau dianya yang terlambat. Pokoknya jejeran gitu. Ya seru aja, kenal akrab enggak, soulmate bukan tapi jadi shofmate.

Setidaknya sudah dua orang yang jadi shofmate saya. Yang satu simbah-simbah yang qadarullah berpulang beberapa minggu yang lalu. Sungguh meski tidak kenal (serius gak kenal, cuma tahu nama saja) tapi sudah merasa kehilangan sejak beliau sakit. Bagaimana tidak, seseorang yang hampir selalu ada di samping kita tiba-tiba menghilang. Dan akhirnya Allah yang memanggilnya terlebih dahulu. Selamat jalan mbah… Semoga panjenengan dijejerke sama amal-amal sholeh yang menjelma jadi teman yang rupawan di kubur. Hiks… sendu…

Shofmate yang kedua bapak-bapak yang qadarullah oleh Allah diuji dengan pernah stroke sehingga geraknya sedikit terbatas. Kenalkah aku? Ya tidak akrab, cuma tahu nama. Semoga beliau senantiasa diberi kekuatan untuk selalu berjamaah di masjid itu. Meskipun untuk saat ini justru saya yang jarang berjamaah di masjid itu, seringnya hanya subuh dan ashar. Ya gimana lagi, dhuhur jelas di kantor kalo pas gak dinas luar (diperhalus) 😀 . Maghrib dan Isya’ di masjid lain dekat apotek Turi Sehat. Ya karena kondisi memang harus begitu. Toh bagi saya yang penting adalah bagaimana menjaga biar selalu bisa berjamaah di masjid, meski kadang tertatih.

Jadi begitu kira-kira makna shofmate.. Maaf kalau penjelasannya justru tidak menjelaskan apa itu shofmate. Tapi yang pasti siapapun shofmate-mu, lakukan sholat dengan sepenuh hati, khusyu’. Mudah? Jelas tidak. Tapi setidaknya kita sadari, kita posisikan diri jangan-jangan itu sholat terakhir kita.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s