Karena Anak Memang Rejeki

Pepatah Jawa mengatakan ” Banyak Anak, Banyak Rejeki”

Orang-orang jaman now kemudian ada yang membantahnya dengan alasan kalau bila banyak anak maka akan kesulitan ekonomi keluarga. Tapi bagi saya sendiri pepatah itu masih relevan. Kenapa? Karena anak itu sendiri adalah rejeki. Jadi logis bila anak bertambah maka rejeki bertambah. Dan Sang Pencipta juga sudah menjamin bahwa setiap makhluk yang hidup pasti dijamin rejekinya (makan dan kebutuhan lainnya). Jangankan manusia, hewan melatapun sudah dijamin rejekinya selama hidup.

Karena anak memang rejeki. Dan sebagaimana rejeki dimana setiap orang bisa jadi mendapat hasil yang berbeda meski dengan cara yang sama, maka demikian pula dengan anak.

Ada pasangan yang sama sekali tidak diberikan amanah berupa anak. Ada pula yang harus menunggu agak lama hingga Allah menitipkan amanah anak. Ada juga yang diberikan momongan dengan segera. Bahkan ada yang sampai tega menghilangkan rejeki itu karena dibuat dengan cara yang tidak halal.

Lalu karena anak adalah rejeki dan juga sekaligus amanah maka yang harus kita lakukan adalah senantiasa mensyukurinya. Kemudian tanggungjawab kita sebagai orang tua adalah mendidiknya baik  melalui contoh maupun pengajaran. Selalu ajarkan anak tentang kebaikan sekaligus sebagai orang tua harus bisa menjadi figur teladan. Sekolahkan anak sebagai bentuk wujud tanggungjawab kita untuk membekali dengan ilmu dan akhlak, bukan sebagai bentuk melarikan anak karena merasa kewalahan mendampingi aktifitasnya.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk senantiasa mensyukuri rejeki tersebut dan memberi kekuatan untuk menjaga amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Banyak anak, banyak rejeki. Insya Allah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s