Akhirnya Nomer Hangus bisa Nyala Kembali… (Meski ada Tapinya..)

Tanggal 26 Juni 2018 saya mencoba kembali perjuangan menyelamatkan nomor Indosat saya yang hangus. Setelah sebelumnya datang ke Grha Indosat di jalan C.Simanjutak, Yogyakarta dan diminta datang setelah 2 bulan sejak kartu hangus. Karena berbagai alasan (kesibukan mengajar di luar) akhirnya baru tanggal 26 Juni kemarin menyempatkan diri datang ke Grha Indosat di jalan C.Simanjutak. Nyaris habis masa 3 bukan sejak kartu hangus, yang saya tahu jika lewat 3 bulan maka kartu sudah diproses untuk dibuat kartu baru dan dijual entah dimana.

Setelah menunggu beberapa saat giliran saya mengadukan permasalahan ke CS-nya. Kartu hangus sejak Maret 2018 apakah bisa diselamatkan? Bukan apa-apa sih, cuma kalau sampai ganti kartu maka akan repot memberitahukan nomor baru ke teman-teman atau relasi. Apalagi jaman now penipuan itu begitu marak. Alih-alih memberitahu nomor baru malah bisa dikira penipu.

Opsi yang diberikan oleh CS waktu itu hanya satu. Jadinya bukan opsi deh. Lha wong cuma ada satu-satunya solusi. PINDAH ke POSTPAID alias Pasca Bayar. Jadi yang selama ini bayar duluan baru pakai sekarang pakai baru bayar.

Untuk pilihan paketnya ditawarkan
1. Paket Nelpon dan SMS biaya abonemen bulanannya 38.500
2. Paket internet include nelpon dan SMS ke sesama Indosat biaya bulanannya 66.000

Setelah dipikir akhirnya saya milih paket internet. Pertimbangannya karena dengan begitu saya ngirit untuk tidak perlu beli kartu data sebagaimana selama ini. Tapi sebenarnya setelah diitung-itung ya jadi gak hemat juga sih.. Hanya membuat lebih simpel saja. Gak harus gonta ganti kartu.. Di sisi lain sinyalnya juga tidak sedahsyat kartu data saya sebelumnya.. Bilang saja telkomsel.. Entah kenapa di tempat saya tinggal sinyal yang kuat hanya telkomsel. Yang kedua indosat meski gak kuat. Sementara yang lain blank sinyal..

Akhirnya dengan segala konsekuensi yang ada saya tetap senang karena nomor saya terselamatkan.. Alhamdulillah.. Dah gitu aja.. 😀

Advertisements

Apa sih asyiknya Full Asesor?

Senin 25 Juni 2018 menjadi salah satu momentum penting dalam karir saya sebagai seorang asesor. Setelah beberapa waktu lalu menjadi asesor tandem pada kesempatan kali ini saya menjadi full asesor. Kesempatan itu datang ketika awal bulan Juni teman saya yang sekaligus pengelola LSP BLK Surakarta menelepon menanyakan kesediaan menjadi asesor pada tanggal tersebut. Tanpa jeda yang lama saya iyain saja tawaran itu. Apalagi setelah saya tanya apakah tandem atau full, dijawab full asesor.

Kesempatan kali ini menguji di BLK Kebumen yang beralamat di JL. Kutoarjo, Km. 05, Selang, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54317.. Lokasinya sekitar hampir 3 jam perjalanan dari rumah (Sleman utara). Tapi demi sebuah cita-cita maka jalani saja. Berbekal googlemaps (karena emang baru pertama kali ke sana) alhamdulillah lokasi dapat dituju dengan pasti.

Ngomong-ngomong menjadi Full Asesor itu sesuatu banget. Artinya apa?

Menjadi full asesor merupakan jenjang lebih lanjut setelah tandem asesor (tentu saja ini pembagian menurut versi saya sendiri). Menjadi full asesor berarti kapasitas sebagai asesor sudah diakui. Dan semoga demikian adanya. Sudah diijinkan melakukan asesmen secara penuh, bertanggungjawab atas nama diri sendiri dan itu membanggakan (bagi diri sendiri) 😀

Menjadi full asesor berarti tidak lagi membiayai segalanya sendiri.. 😀  Yaaa setidaknya ada kompensasi yang diterima. Dan itu alhamdulillah.. 🙂

Menjadi asesor merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi saya sekaligus anugerah. Bepergian ke tempat-tempat yang tidak biasanya dikunjungi. Melihat situasi yang berbeda dari keseharian. Menikmati pemandangan alam. Silaturahim dengan banyak orang. Bertemu dengan orang baru. Berkenalan dan membangun komunikasi. Semua itu adalah anugerah dari Allah.

Berharap ke depan akan ada lagi kesempatan untuk menjadi asesor. Tempat baru? Siapa takut? Bersiap dengan tantangan-tantangan baru sebagai asesor.

 

 

Kartu Datapun harus Registrasi

Jaman now kehabisan kuota bisa menjadi hal yang krusial. Seakan-akan terlempar ke peradaban beberapa dekade lalu dimana hape belum sepenting sekarang. Biasanya begitu nomer kita kehabisan kuota lalu dibuang dan beli yang baru. Tapi sekarang kita mesti teliti. Jangan buang kartu yang lawas terlebih dahulu. Kenapa?

Beberapa waktu yang lalu membeli kartu kuota data. Biasanya beli kartu, diaktifkan oleh counter, pasang dan langsung bisa kembali ke peradaban masa kini. Tapi kini gak bisa lagi.

Sekarang kartu data harus diregistrasi lagi mas, pakai nomor KK dan KTP.. Sudah sejak seminggu lalu” kata petugas counter.

Untuk saat ini berlaku untuk Indosat dan Telkomsel..

Lalu kalau sudah habis bagaimana?

Kalau sudah habis kartu lama jangan dibuang, harus di UNREG dulu agar No KK dan KTP bisa digunakan lagi (CMIIW, satu no KTP maksimal 3 kartu).”

Untuk REGISTRASI atau UNREG bisa Akses *444#.. Lalu pilih menu Registrasi, perpanjangan atau UNREG..

Oh jadi begitu.. Tambah ribet juga ya.. Tapi itulah kebijakan pemerintah. Kita rakyat kecil mah gak punya pilihan. Kalau gak ikut aturan yaa justru repot sendiri..

Makanya, pastikan sebelum ganti kartu kuota data, kartu yang lawas di UNREG dulu yaa..

Bila Sinyal HP Tiba-tiba Menghilang

Bermula saat beberapa waktu yang lalu tiba-tiba sinyal Indosat menghilang tanpa kabar. Awalnya masih menduga kalau memang sedang trouble mengingat daerah tempat tinggal termasuk fakir sinyal. Hanya Indosat dan Telkomsel yang bisa berbicara.

Tapi kok sampai 2 mingguan tidak juga muncul sinyal, sehingga ada kecurigaan ada hal lain yang menyebabkan hilangnya sinyal. Sesuatu yang jangan sampai terjadi, yaitu kartu hangus.

Karena kekepoan yang mendalam, tanggal 19 April 2018 kemarin, sepulang dari rakor di Hotel Pesonna Malioboro, saya mendatangi Grha Indosat di jalan C. Simanjutak Yogyakarta, sebelah selatan Mirota Kampus, persis sebelum toko ELS.

Setelah mengantri sekitar 1 jam maka sampailah giliran saya mengadukan perihal masalah yang saya alami. CS kemudian menanyakan nomor saya. Cetak cetik cetak cetik..

” Nomor sudah terdaftar atas nama (saya) dan masa tenggang terakhir tanggal 28 Maret 2018..”

Duh.. kenyataan.. hal yang saya khawatirkan terjadi. Kartuku hangus…

” Tapi nanti kita coba untuk diaktifkan kembali, tetapi tidak semua nomor bisa diaktifkan.. Biasanya status seperti ini setidaknya 2 bulan. Setelah itu baru dapat diketahui status selanjutnya bagaimana. Jika sudah unpair (dengernya kayak gitu sih.. entah bener gak istilah itu) nanti baru bisa diaktifkan lagi. Bisa atau tidaknya langsung bisa ketahuan. “

Berarti saya harus datang lagi untuk ngecek kah?

” Nanti untuk ngecek bisa telepon lewat layanan 185 dari nomor Indosat. Bisa pinjam teman atau saudara. Biaya layanan Rp. 1.000,- per panggilan. Kalau sudah dalam kondisi unpair silakan datang kembali untuk diaktifkan.”

Lalu syarat-syarat yang harus disiapkan apa saja dengan kondisi kartu hangus?


Pertama, kartu harus sudah terdaftar atas nama kita…
Kedua, membawa KTP asli dan fotokopi KK…
Ketiga, kartu yang rusak harap dibawa..

Oke.. berarti 2 bulan setelah nomor hangus berarti sekitar tanggal 28 Mei 2018. Dan untuk sementara WA gak boleh instal ulang karena kalau instal ulang otomatis harus dengan nomor lain.

Ini nih permasalahan yang harus diperhatikan. Biasanya karena jarang sekali menggunakan SMS atau telepon sehingga kurang care dengan pemakaian dan masa aktifnya. Malah kartu data yang diperhatikan. Akibatnya ya bisa hangus.. Padahal kalau hangus tidak lagi bisa menerima SMS dan panggilan, sementara jika WA terpaksa instal ulang harus memasukkan nomor agar mendapat SMS konfirmasi. Lha kalau sudah begitu mau gimana lagi.

Last, berharap semoga kartu saya bisa diaktifkan kembali.. Aamiin.. 🙂

Hewan yang Bikin Viral…

Beberapa waktu yang lalu viral video wanita bercadar yang memelihara anjing. Ada yang berkomentar baik (artinya pro dengan hal tersebut) tapi juga ada yang kontra. Ya wajar sih, setiap sesuatu pasti ada pro dan kontra. Tulisan ini hanya sekedar mengisi kekosongan postingan saja kok. Hehehe..

Kira – kira…

Jika wanita bercadar memelihara ayam, jadi viral gak ya?
Atau wanita bercadar memelihara kambing, jadi trending gak ya?
Di kasus lain wanita bercadar memelihara kelinci, ada yang ngundang ke tivi gak ya?

Sementara kita tahu bahwa

Sebagian masyarakat ada yang nyinyir dengan cadar. Identik dengan teroris-lah. Berbahaya-lah. Budaya arab-lah. Sehingga mereka menilai wanita bercadar dengan konotasi buruk.

Tapi pada kasus ini kok beda ya. Mereka yang biasanya nyinyirin cadar kok komennya seakan menerima dengan bangga kondisi ini (wanita bercadar bersanding dengan anjing). Lalu saya berpikir, eh enggak ding… Cuma mencoba main logika saja, yang mungkin juga gak tepat 100%.

Wanita bercadar –> dicurigai dan gak bakal diangkat media

Wanita bercadar + ayam –> gak viral

Wanita bercadar + kambing —> gak trending

Wanita bercadar + kelinci —> gak diundang tivi

Wanita bercadar + ANJING—> VIRAL, TRENDING, DIUNDANG TIVI

Jadi…

Apakah anjing menjadi faktor utama perubahan penerimaan di masyarakat? Yang tadinya dicibir, dicurigai, digelari teroris setelah bersanding dengan anjing menjadi baik, bagus, panutan, contoh..

Hmmm……

 

Asesor (tandem) : sebuah permulaan

Rabu 7 Maret 2018 saya ditelepon oleh orang yang nama panggilannya sama dengan ku.

“Besok luang gak?”

“Lha piye mas?”

“Jadi tandem asesor ya?”

“Oke siap… ” (tanpa tanya dulu kemana..)

“Di BLK Kulonprogo..”

“SIAAAAP…” (masih wilayah Jogja juga.. 😀 )

Kamis 8 Maret 2018, esoknya saya benar-benar meluncur ke BLK Kulonprogo. Menjajal profesi baru meski ‘hanya’ sebagai tandem. Ya setidaknya menimba pengalaman bagaimana menjadi seorang asesor. Dengan segala konsekuensinya sebagai asesor tandem contohnya segala biaya ditanggung sendiri, belum berhak mencantumkan nama sebagai asesor penguji (meski aslinya nguji juga) dan pastinya belum bisa dimasukkan ke angka kredit. Tapi ini adalah langkah awal yang penting sebagai batu pijakan menjadi asesor kedepannya, Insya Allah.

“Setidaknya 2 kali tandem sudah boleh menguji sendiri..” Demikian yang disebutkan olehnya. Yup… semangat saja menjalani proses “magang” ini..

Dan bismillah siap menunggu tandem berikutnya dan berharap setelahnya bisa menjadi asesor full. 🙂

BLK Sleman Membuka Pendaftaran Pelatihan… GRATISSSS….

BLK Slmean kembali membuka kesempatan bagi teman-teman yang ingin mengikuti pelatihan. Ini dia pengumumannya. Mau daftar langsung bisa, daftar online juga boleh.. (tapi kayaknya pendaftaran online belum dibuka saat tulisan ini diposting, harap tunggu dan bersabar..)

Poster Pelatihan_gel 2_BLK Sleman